Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Pawai Alutsista Warnai HUT Kota Batu ke-12

Sabtu 19 Oct 2013 17:30 WIB

Red: Fernan Rahadi

Seorang personil TNI AD menjelaskan peralatan persenjataan kepada sejumlah siswa pada sebuah pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI.

Seorang personil TNI AD menjelaskan peralatan persenjataan kepada sejumlah siswa pada sebuah pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI.

Foto: ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan/ss/mes/13

REPUBLIKA.CO.ID,BATU -- Pawai alat utama sistem senjata milik TNI yang mengambil start di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu, Jawa Timur, mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun ke-12 kota wisata tersebut, Sabtu (19/10).

Alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI yang terdiri dari berbagai jenis peralatan tempur, termasuk tank tersebut diarak mulai dari Jalan Panglima Sudirman hingga kawasan Stadion Brantas Batu sejauh 4,3 kilometer.

Menurut Dandim 0818 Kota Batu dan Kabupaten Malang Letkol (Inf) Ahmad Solihin, alutsista yang mengikuti pawai itu sudah tiba di Batu sejak kemarin (18/10).

"Selain disuguhi pawai sekaligus pameran alutsista, warga juga dihibur dengan atraksi atau defile dari pasukan TNI yang ikut mengiringi alutsista serta marching band dai tar una Akademi Angkatan Laut (AAL)," ujarnya.

Pawai alutsista dan berbagai atraksi hiburan tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 hingga sore hari. Bahkan, pada puncak perayaan HUT akan mendatangkan grup band papan atas, Noah.

Alutsista TNI yang mengikuti pawai, seperti tank Scorpion, rusal, senjata penjelajah serta perahu patroli laut itu didatangkan dari Yonkav-8 Kostrad yang bermarkas di Pasuruan, Surabaya dan Malang.

Sementara itu, prajurit TNI yang diturunkan untuk mengawal alutsista tersebut diperkirakan mencapai 1.500 personel. Pameran alutsista dibuka pada 19-20 Oktober 2013 dan bertempat di Stadion Brantas.

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengatakan pameran alutsista dan defile ini bertujuan untuk menunjukkan dan mengenalkan kepada masyarakat, persenjataan TNI dalam menjaga keamanan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Eddy mengatakan alutsista tersebut dibeli dari uang rakyat, sehingga rakyat harus tahu apa saja persenjataan yang sudah dimiliki. Bahkan warga juga bisa melihat dari dekat dan berfoto.

Ia mengatakan tujuan lain dari defile dan pameran Alutsista ini untuk membangun semangat warga Kota Batu, yang mayoritas sebagai petani dan khususnya anak-anak mereka, agar memiliki kecintaan kepada TNI.

"Ide pameran alutsista ini sudah lama saya impikan sebagai hadiah bagi masyarakat pada saat HUT Kota Batu. Keinginan ini saya sampaikan kepada Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Gatot Nurmantyo dan alhamdulillah bisa terealisasi," kata Eddy.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA