Jumat 18 Oct 2013 12:46 WIB

Nggak Harus Jadi Fans F1 Untuk Nonton Film "Rush"

Red:
Nggak Harus Jadi Fans F1 Untuk Nonton Film "Rush"
Foto: mobil.sportku.com
Nggak Harus Jadi Fans F1 Untuk Nonton Film "Rush"

SPORTKU.COM - "Rush" merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata tentang persaingan abadi dua legenda Formula 1 di era 70-an antara pembalap Ferrari, Niki Lauda dengan pembalap McLaren, James Hunt.

Film ini bukan hanya sekadar film bergenre action sport, karena Rush juga menyajikan sisi drama serta kekuatan karakter dari masing-masing tokoh yang diperankan oleh Chris Hemsworth dan Daniel Bruhl. 

Chris Hemsworth yang memerankan tokoh James Hunt benar-benar memahami gaya glamor serta mental "Hooligan" pembalap asal Inggris tersebut. Sedangkan Daniel Bruhl yang memerankan Niki Lauda juga menampilkan akting sempurna sebagai pria Austria yang cerdas, dingin, penuh perhitungan dan ambisius lengkap dengan aksen khas Austria.

Disutradai oleh Ron Howard, Rush tidak hanya menonjolkan adrenalin kompetisi balapan. Howard yang sukses menyutradai film Apollo 13 dan Beautiful Mind juga menyisipkan drama kehidupan Niki dan Hunt dibalik persaingan gelar juara dunia Formula1 1976. Dengan setingan background tahun 70-an, skrip film ini ditulis langsung oleh Niki Lauda.

Di film Rush, Ron Howard memfokuskan ide utama pada balapan dramatis Grand Prix Jerman tahun 1976 saat Niki Lauda yang tergabung di Ferrari F1 Team mengalami kecelakaan hebat di Sirkuit Nurburgring.

Sebelum balapan Niki sempat meminta persetujuan kepada semua pembalap agar balapan GP Jerman dibatalkan karena cuaca yang buruk. Namun Hunt yang ingin mengejar poin Lauda justru tidak sepakat begitupun dengan pembalap lainnya. 

Imbasnya kecelakaan naas menimpa Niki di Nurburgring. Kurang lebih terjebak selama tiga menit didalam mobil Ferrari yang terbakar, Niki pun harus dirawat karena luka bakar serius di wajah dan tubuhnya.

Tidak ingin gelar juaranya direbut James Hunt, Niki memutuskan mengabaikan saran dokter dan memaksa kembali turun lintasan setelah enam minggu menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan kondisi yang masih memprihatinkan.

Musim 1976 pun pada akhirnya menjadi milik James Hunt. Pembalap McLaren ini mengunci gelar juara dunia dengan keunggulan hanya satu poin dari Niki Lauda di seri terakhir Grand Prix Jepang 1976.

Film yang masih diputar di beberapa bioskop tanah air ini bukanlah cerita mengenai seorang pahlawan melawan musuh ataupun peran protagonis melawan antagonis, melainkan cerita dua tokoh hebat dengan segala kekurangan dan kelebihannya patut mendapat simpati dan apresiasi bahkan tempat tersendiri dalam sejarah dunia motorsport khususnya balapan "jet darat" Formula 1. 

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Inggris, Niki Lauda mengatakan bahwa film "Rush" mengembalikan memorinya tentang persaingan dan persahabatannya dengan James Hunt. "Seharusnya James bisa menonton film ini," cetus Niki.

James Hunt memutuskan untuk pensiun dari F1 pada tahun 1979. Ia sempat menjadi komentator di televisi dan meninggal dunia tahun 1993 di usia 45 tahun akibat serangan jantung.

Foto asli Niki Lauda (Ferrari) dan James Hunt (McLaren)niki lauda, james hunt

sumber : mobil.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement