Kamis 17 Oct 2013 17:39 WIB

Perjalanan Marin Menjadi Pengisi Suara Panji 'Sahabat Pemberani'

Film animasi Sahabat Pemberani.
Foto: plus.google.com
Film animasi Sahabat Pemberani.

Beberapa waktu lalu, KPK meluncurkan sebuah film animasi berjudul "Sahabat Pemberani". Tentu tidaklah lengkap bila film animasi tersebut tidak diisi suaranya oleh insan sulih suara Indonesia, termasuk salah satunya Marin, member Dubbing and Friends (D&F), sebagai pengisi suara Panji.

Berawal dari bergabungnya Marin ke grup Dubbing and Friends di Facebook. Dia bercita-cita untuk dapat menjadi seorang penyulih suara (Dubber). Kemudian, Marin mengirimkan sample voice-nya ke Sound Cloud yang memang disediakan oleh D&F untuk menampung sample voice para anggotanya. Sehingga, apabila ada pihak yang memerlukan suara baru, mereka bisa berkunjung ke Sound Cloud D&F.

Awalnya, pihak pelaksana "Sahabat Pemberani" mendengar suara Marin yang telah diunggah ke Sound Cloud. Karena dirasa cocok, akhirnya Marin pun dihubungi.

 "Sebenernya ada tiga orang yang dihubingin.. Cuma, yang cocok katanya aku," kata Marin saat diwawancara di launching Film Sahabat Pemberani.

Proses penyulihan suaranya ternyata cukup memakan waktu. Satu episode saja bisa sampai satu hari untuk menyelesaikannya. Untuk film animasi ini butuh waktu 2 hari untuk menyelesaikannya.

"Cape sih, tapi seneng banget," jelas remaja kelahiran 28 Desember 1992 ini.

Di Film Sahabat Pemberani, Marin berperan sebagai Panji, salah satu karakter utama dalam film tersebut. Selain itu, dia juga mengisi suara anak kecil yang sempat muncul di awal episode pertama film ini. Kebanggaan Marin tidak hanya sampai di situ, karena hasil karya dari remaja yang hobi menggambar ini ternyata dimasukkan juga ke salah satu scene film saat Kumbi (salah satu tokoh di film) bercerita.

Melalui pengalaman ini, Marin mendapat pengetahuan baru dan bisa belajar mengolah karakter. Marin pun berharap agar film ini bisa diterima oleh masyarakat, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bisa diserap oleh khalayak ramai, khususnya anak-anak.

Tak lupa Marin berterima kasih kepada Dubbing and Friends, karena dari sinilah dia bisa mewujudkan mimpinya. Dia juga berterima kasih pada Admin yang selalu memotivasi para member D&F agar tidak mudah menyerah.

"Aku juga pernah ikut casting film Abunawas ga lolos, tapi aku ga menyerah," kata Marin.

Marin berharap, semoga Dubbing and Friends dapat dikenal khalayak ramai dan dapat melahirkan insan-insan sulih suara Indonesia yang berkualitas untuk kemajuan sulih suara Indonesia.

Rubrik ini bekerja sama dengan Komunitas Dubbing & Friends

Group

@dnf_indo

SoundCloud

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement