Kamis 17 Oct 2013 10:03 WIB

6 Jurus Tidur Lebih Nyenyak

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Tidur nyenyak (ilustrasi)
Foto: WIN MENTAL HEALTH
Tidur nyenyak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tidur nyenyak, untuk sebagian orang, boleh jadi merupakan barang mewah. Insomnia kerap menjadi pengganggu utama tidur nyenyak. Jangan menyerah dulu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu kita tidur lebih baik seperti dilansir dari teenshealth.org.

 

1. Tetapkan waktu tidur teratur. 

Pergi ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam untuk mengisyaratkan tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur. Bangun pada waktu yang sama di setiap hari juga, hal tersebut dapat membantu membentuk pola tidur.

 

2. Berolahraga secara teratur. 

Jangan berolahraga tepat sebelum tidur, karena itu justru membuat tubuh lebih sulit untuk tidur. Berolahragalah setidaknya 3 jam sebelum tidur. Banyak ahli percaya bahwa berolahraga di sore hari dapat membantu orang untuk mudah tidur.

 

3. Hindari stimulan. 

Jangan minum minuman yang mengandung kafein, seperti soda dan kopi, di atas pukul 4 sore. Nikotin juga stimulan, sehingga berhenti merokok dapat membantu tidur lebih baik. Dan jangan minum alkohol, karena bisa membuat seseorang gelisah dan mengganggu jam tidur.

 

4. Tenang pikiran. 

Hindari menonton film atau acara televisi berbau kekerasan, menakutkan, atau perkelahian sebelum tidur itu akan membuat tubuh tetap terjaga.

 

5. Bersantailah dengan kondisi cahaya redup. 

Cahaya mengisyaratkan otak untuk tetap bangun. Jauhkan tubuh dari cahaya yang terang (termasuk layar komputer). Bermeditasi atau mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu tubuh menjadi rileks.

 

6. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang lebih dari 30 menit dan tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidur malam dapat membuat jam tidur berantakan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement