Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Peretas Korut Sudah Ribuan Kali Serang Korsel

Rabu 16 Oct 2013 00:45 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Perang siber (Cyber War). Ilustrasi.

Perang siber (Cyber War). Ilustrasi.

Foto: post.jargan.com

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara telah melancarkan ribuan serangan di dunia maya terhadap Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir. Kerugian akibat serangan tersebut diperkirakan mencapai 805 juta dolar AS.

Informasi itu diungkapkan seorang anggota parlemen Seoul, Selasa (15/10), mengutip data pemerintah.

"Banyak data yang terkait dengan infrastruktur nasional kami, termasuk fasilitas penyimpanan kimia dan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan pribadi telah dicuri," kata anggota parlemen dari partai berkuasa Chung Hee - Soo .

Chung mengatakan kepada parlemen bahwa militer Korea Selatan telah menjadi target dari 6.392 serangan dunia maya Korea Utara dari berbagai skala sejak 2010. Informasi itu didapatnya dari unit perang terhadap serangan dunia maya yang bekerja di bawah Kementerian Pertahanan. 

Serangan itu antara lain berupa intrusi laman, penyebaran virus dan penggunaan surat elektronik pembawa virus.

"Kemampuan militer kami dalam memerangi serangan dunia maya untuk mengatasi hal itu ... sebanding dengan Korea Utara, yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia," kata Chung.

Korea Utara diyakini memiliki satuan elit untuk perang di dunia maya yang beranggotakan 3.000 personel, sementara Korea Selatan hanya memiliki 400 staf khusus.

Selain institusi militer, serangan dunia maya juga menyasar bank komersial, instansi pemerintah , lembaga penyiaran televisi dan laman media. Nilai kerugian sejak tahun 2009 hingga sekitar 860 miliar won atau 805 juta dolar AS, kata Chung.

Korea Utara telah membantah terlibat hal itu dan menuduh Seoul memalsukan insiden itu untuk memprovokasi ketegangan lintas - perbatasan.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA