Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Cegah Penyalahgunaan Mobil Dinas, Cina Pasang GPS

Ahad 13 Oct 2013 11:46 WIB

Red: Taufik Rachman

Fitur navigasi Global Positioning System (GPS) (Republika Online/fafa)

Fitur navigasi Global Positioning System (GPS) (Republika Online/fafa)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Cina akan memasang GPS (sistem penentu posisi) di setiap kendaraan dinas guna mencegah penggunaan untuk kepentingan pribadi.

Komisi anti-korupsi pemerintah Cina mengemukakan langkah tersebut adalah  bagian dari upaya menghentikan  gaya hidup boros para pejabat korup.

Hampir 200 ribu mobil pemerintah telah disalahgunakan untuk keperluan pribadi, kata surat kabar Beijing Times, mengutip Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin.Badan ini juga meminta agar kementerian dan daerah memberikan perincian pengeluaran biaya mobil.

Guangzhou telah melakukan langkah serupa dengan menggunakan sistem GPS pada 2011 , kata surat kabar tersebut.Menurut pejabat komisi tersebut, Guangzhou berhasil menghemat 42 juta yuan atau senilai 6, 87 juta dolar setiap tahun, atau 5.000 yuan/mobil.

Sejak menjabat sebagai pimpinan Partai Komunis akhir tahun lalu dan kepala negara pada bulan Maret, Presiden Xi Jinping telah menyebut korupsi sebagai ancaman bagi kelangsungan partai.

Pemerintah Cina telah berikrar  untuk melawan "empat kecenderungan" para kadernya buruk, antara lain  "hedonisme" dan "pemborosan". 

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA