Selasa 08 Oct 2013 13:11 WIB

4 Langkah Mewujudkan Mimpi Anda

Wujudkan mimpi berumrah dengan mengelola keuangan dengan benar(ilustrasi)
Foto: Guide to Perform Hajj and Umrah 199.188.220.155
Wujudkan mimpi berumrah dengan mengelola keuangan dengan benar(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang pasti memiliki impian yang ingin dicapai dalam kehidupannya. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu dibutuhkan usaha untuk mewujudkannya termasuk melakukan perencanaan. Perencanaan dibutuhkan untuk mengarahkan impian yang ada menjadi kenyataan.

Aspek keuangan di antaranya termasuk da lam daftar perencanaan yang harus kita kelola dengan baik. Menyiapkan kebutuhan finansial sejak dini tentunya akan mengarahkan perencanaan kita menjadi lebih pasti. Lalu bagaimana kiat agar kita dapat mengelola keuangan dengan baik sehingga impian-impian kita dapat diwujudkan dan bukan sekadar menjadi rencana semata? Berikut kiat mengelolanya : 

 

Menabung di Awal, Bukan di Akhir 

Prioritaskan untuk menabung. Segera simpan uang anda setelah gajian, menabung setelah anda melakukan pengeluaran akan menjadikan pengeluaran lebih besar. Menyisihkan sebagian uang di awal akan membantu untuk mengurangi keinginan untuk membelanjakannya. Besarnya uang yang ditabung, minimal 10 persen dari penghasilan. Walaupun jumlah uang yang ditabung sedikit, bukan menjadi masalah jika kita secara konsisten menabung setiap bulannya. 

 

Melakukan Pencatatan Penggunaan Keuangan 

Melakukan pencatatan pada setiap penggunaan anggaran penghasilan anda akan membantu untuk anda un tuk memantau, mengendalikan serta mengurangi pengeluaran . Agar impian dan rencana-rencana anda dapat terwujud, jangan biarkan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan yang ada. Bedakan an tara kebutuhan dan keinginan, saat melakukan pembelanjaan sebaiknya dialokasikan untuk barang-barang yang benar-benar anda butuhkan. 

 

Investasi 

Memilih investasi yang tepat dapat menambah pundi-pundi ta bungan Anda. Sebelum memulai investasi, sebaiknya pelajari dahulu tentang investasi tersebut agar Anda lebih memahaminya. Sebaiknya pilih investasi yang aman dengan hasil yang rasional dan tidak berlebihan. Investasikan sebagian keuangan anda kepada jenis investasi yang anda mengerti. 

 

Gunakan Tabungan Perencanaan 

Untuk mendisiplinkan menabung, sebaiknya gunakan fasilitas tabungan perencanaan. Dengan demikian, perencanaan keuangan menjadi lebih pasti dan terarah karena anda dapat menabung secara konsisten melalui sistem autodebet yang disediakan oleh perbankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement