Sabtu 05 Oct 2013 09:58 WIB

4 Jurus Rambut Lembut dan Sehat

Rambut sehat/ilustrasi
Foto: artofcosmetics.com
Rambut sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tak peduli bagaimana jenis rambut Anda, panjang, pendek, tipis, maupun keriting semua bisa menjadi lembut dan halus. Dilansir dari situs sheknows.com, untuk mendapatkan rambut yang sehat ikuti tips-tips berikut ini.

 

1. Jangan cuci rambut setiap hari

Jika rambut Anda berminyak, jangan mencuci rambut setiap hari. Mungkin itu terlihat ‘kotor’ tapi  itu akan membuat rambut Anda terasa lebih sehat ketika Anda berhenti mencuci rambut setiap hari. Tapi jika tipe rambut Anda kering, maka lakukan sebaliknya.

 

2. Makan yang Benar

Apa yang Anda makan tentu memengaruhi kondisi rambut Anda. Jika Anda memiliki kulit kepala kering, rambut Anda juga terlihat kusam dan kering. Omega-3 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala.  Anda bisa mendapatkan banyak omega-3 dari tanah biji rami dan ikan berlemak - seperti salmon, sarden dan makarel. Selain itu, tubuh Anda membutuhkan vitamin A dan C untuk menghasilkan sebum. Sebum adalah apa yang membuat rambut Anda berkilau dan dipelihara. Ini adalah zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut.

 

3. Matikan Alat Pemanas Rambut

Biarkan rambut Anda kering secara alami bila memungkinkan. Jika Anda menggunakan Hair dryer, catok rambut, atau lainnya, gunakan pada temperature panas yang rendah dan jangan terlalu lama. Selain itu gunakan topi atau syal jika Anda akan berada di luar ruangan untuk waktu yang lama.

 

4. Gunakan Pewarna Rambut Alami

Pewarnaan rambut dengan bahan kimia hanya akan merusak rambut. Gunakan bahan-bahan pewarna alami, seperti henna misalnya.  Seduhan kopi juga dapat menyembunyikan uban di rambut berwarna cokelat Anda. Selain itu madu juga dapat menambahkan highlight alami untuk rambut pirang dan menyuburkan rambut Anda juga. Jadi, jika Anda ingin membeli pewarna rambut carilah produk yang mengandung bahan-bahan alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement