Rabu 02 Oct 2013 16:58 WIB

Makanan Kedaluwarsa Jangan Buru-buru Dibuang, Mengapa?

Sidak makanan kedaluwarsa/ilustrasi
Foto: pinoyexpat.net
Sidak makanan kedaluwarsa/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan buru-buru membuang makanan kemasan yang sudah kedaluwarsa. Ternyata, makanan itu masih aman untuk dikonsumsi lho. Belum lama ini, healthland.time.com memberitakan temuan Natural Resources De fense Council (NRDC) dan Har vard Law School’s Food Law serta Policy Clinic tentang besarnya kerugian warga Amerika Serikat lantaran keliru mengartikan expire date pada makanan yang tak perlu disimpan di kulkas. 

 

* Boleh dimakan 

Tanggal kedaluwarsa tak terkait dengan risiko keracunan makanan atau penyakit bersumber makanan. Penanggalan mengindikasikan kesegaran makanan. Lewat expired date, produsen menjelaskan masa terbaik untuk mengonsumsi produknya.

 

* Kesegaran 

Lewat dari tanggal kedaluwarsa, rasa dan kualitas makanan yang tak perlu di simpan di lemari es akan tetap sama. Lain halnya dengan susu formula anak. Nutrien dalam susu formula bisa hilang seiring waktu. Seperti expire date, use bydan best by juga mewakili puncak kesegaran telur, pasta keju, atau sereal. 

 

* Stok penjual 

Sell by merupakan penanggalan yang ditujukan untuk membantu produsen dan penjual, bukan untuk informasi bagi konsumen. Penanggalan tersebut me rupakan alat bantu pengecekan stok dan pemasaran. Konsumen kerap salah mengartikannya sehingga memengaruhi keputusan membeli. 

 

* Selera 

Minuman berperisa stroberi mungkin akan kehilangan warna merahnya, oatpada granola barbisa jadi sudah melempem, dan sereal coklat mungkin akan berubah warna menjadi putih. Penampilannya memang sudah tak menggugah selera, selama tidak tercemar, makanan masih aman untuk dikonsumsi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement