Jumat 27 Sep 2013 16:59 WIB

Jangan Sembarangan Ngemil Saat Diet, Ini Alasannya

Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya
Foto: loseweightfast.net
Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya

REPUBLIKA.CO.ID, Agar sukses berdiet, ada sejumlah jurus yang bisa dilakukan. Selain disiplin berolahraga, pola makan harus dijaga. Usahakan makan sehari tiga kali tanpa ngemil di sela-sela waktunya. Mengapa tak boleh ngemil? Sebab, hal ini akan memancing kita untuk makan terus, tanpa henti. 

Dr Samuel Oetoro MS SpGK, seorang ahli gizi, memberi gambaran orang yang berpuasa. Mereka bisa menjalankan puasa dengan baik mulai Subuh sampai Maghrib tanpa ngemil apapun. ''Tapi kalau iseng saja, misalkan ketika siang hari makan satu butir kacang, pasti akan terpancing ingin makan terus.''

Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Lebih baik makanan yang direbus atau dibakar. Namun untuk makanan yang dibakar, usahakan tidak langsung kena api yang besar karena berpotensi gosong. Makanan yang gosong jika dikonsumsi berbahaya bagi kesehatan karena bersifat karsinogenik (memicu kanker). Jadi, kalau mau membakar makanan, gunakan api kecil atau sedang sehingga matangnya merata. ''Api jangan langsung kena makanan, tapi memakai alas, sebaiknya daun pisang,'' Samuel menyarankan. 

Olahraga teratur plus pola makan yang benar, bisa menurunkan bobot tubuh Anda sebanyak tiga sampai empat kilogram dalam sebulan. Lumayan bukan? 

Untuk Anda yang diet, jangan lupa asupan vitamin C, E, dan betakaroten. Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jika diet tak dibarengi dengan asupan vitamin dan mineral yang memadai, jangan kaget jika kemudian rambut menjadi rontok, muncul flek hitam di wajah, kuku dan kulit menjadi kusam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement