Rabu 25 Sep 2013 06:08 WIB
Piala Liga Inggris

Kembalinya el Pistolero

Luis Suarez
Foto: backpagefootball.com
Luis Suarez

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United tidak perlu waktu lama untuk bisa membalas kekalahan 0-1 dari Liverpool pada awal musim ini. United akan memerima lawatan the Reds pada babak ketiga Piala Liga, Rabu (25/9) waktu setempat. Namun, pelatih United, David Moyes, tidak bisa mengecilkan fakta kembalinya Luis Suarez ke skuat the Reds. Penyerang berjuluk el Pistolero (si Penembak Jitu) harus menjalani sanksi larangan bertanding selama 10 pertandingan di semua kompetisi domestik akibat mengigit lengan bek Chelsea, Branislav Ivanovic, pada April 2013 silam. Sanksi larangan bertanding itu pula yang menjadi salah satu alasan dari munculnya rumor kepergian Suarez di bursa transfer musim panas Eropa tahun ini.

Akan tetapi, begitu tirai kompetisi musim ini resmi dibuka, Suarez memastikan diri akan bertahan di Stadion Anfield paling tidak hingga musim ini berakhir. Top skorer Liverpool pada musim lalu itu pun kini telah selesai melakoni masa larangan bertanding dan sudah bisa diturunkan saat Liverpool bertandang ke markas United, Old Trafford, di babak ketiga Piala Liga.

Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, siap menyambut kembalinya penyerang berusia 26 tahun. Kendati absen di skuat Liverpool sejak akhir April silam, Rodgers yakin Suarez sudah bisa langsung beradaptasi dengan permainan the Reds. Rodgers juga tidak terlalu mengkhawatirkan kondisi fisik penyerang asal Uruguay tersebut.

Tidak hanya itu, pelatih asal Skotlandia itu juga optimistis Suarez mampu menampilkan permainan impresif seperti pada musim lalu. Suarez mampu menorehkan 23 gol dan menduduki peringkat kedua pencetak gol terbanyak di ajang Liga Primer Inggris 2012/2013. “Kini, sanksi itu telah berakhir dan kami senang dia sudah siap kembali ke tim ini,'' tutur Rodgers seperti dikutip The Guardian, Selasa (24/9).

Kembalinya Suarez ini pun didukung dengan kondisi cederanya Phillipe Coutinho. Gelandang serang asal Brasil itu mengalami cedera bahu saat Liverpool ditahan imbang Swansea 2-2 dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, tengah pekan lalu. Kemampuan Suarez untuk bermain tidak hanya sebagai penyerang murni tentu menjadi alasan utama Rodgers untuk bisa menurunkannya dalam laga yang digelar di Old Trafford tersebut.

Selain Coutinho, Liverpool juga tidak akan diperkuat oleh Glen Johnson dan Aly Cissokho yang tengah menderita cedera engkel. Sementara, Joe Allen tengah menderita cedera hamstring dan Sebastian Coates yang absen dalam waktu lama lantaran menderita cedera lutut parah.

Sementara buat tim tuan rumah, kunjungan Liverpool ini merupakan kesempatan besar untuk membalas kekalahan di Anfield, awal bulan ini. Saat itu, United menyerah lewat gol semata wayang Daniel Sturridge. Selain itu, kemenangan atas salah satu rival sengitnya itu di Old Trafford tentu bisa sedikit mengobati luka United usai dihajar 1-4 oleh Manchester City dalam partai derby, akhir pekan lalu.

Wayne Rooney menegaskan, laga kontra Liverpool ini akan menjadi laga ideal untuk bisa bangkit. Tidak ada lawan yang pantas, lanjut Rooney, selain Liverpool untuk bisa memulai momentum kebangkitan United tersebut. “Laga derby itu menjadi hari yang buruk buat semua orang. Tapi, kami harus bisa melupakannya dan bersiap menghadapi Liverpool,” kata Rooney, dikutip Daily Mail, Selasa (24/9).

Setelah sempat tidak bisa menurunkan penyerang asal Belanda, Robin van Persie, dalam laga derby Manchester lantaran menderita cedera paha, pelatih United David Moyes mengakui sudah memiliki opsi untuk menurunkan top skorer Liga Primer Inggris musim lalu tersebut. “Saya kira, cedera Robin tidak terlalu serius,” ungkap Moyes dalam situs resmi klub.

Selain harus mewaspadai potensi kembalinya Suarez di skuat Liverpool, Moyes juga harus bisa mewanti-wanti keperkasaan Liverpool jika berhadapan dengan United di kompetisi Piala Liga. Dari empat kali pertemuan antara kedua tim (dua laga di babak final), the Reds berhasil mengemas tiga kali kemenangan. Terakhir, tim asal Merseyside itu berhasil merengkuh trofi Piala Liga pada 2003 dengan mengalahkan United 2-0 di partai final. n c90 ed: andri saubani

Formasi

Manchester United (4-2-3-1)

Pelatih: David Moyes

De Gea

Fabio, Evans, Ferdinand, Smalling

Anderson, Cleverley, Kagawa, Rooney, Zaha

Welbeck

Liverpool (4-2-3-1)

Pelatih: Brendan Rodgers

Mignolet

Enrique, Sakho, Skrtel, Touré

Gerrard, Leiva, Moses, Henderson, Suárez

Sturridge

Lima Pertemuan Terakhir

01/09/13 Liverpool 1 - 0 Manchester United Liga Primer

13/01/13 Manchester United 2 - 1 Liverpool Liga Primer

23/09/12 Liverpool 1 - 2 Manchester United Liga Primer

11/02/12 Manchester United 2 - 1 Liverpool Liga Primer

28/01/12 Liverpool 2 - 1 Manchester United Piala FA

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement