Jumat 20 Sep 2013 14:05 WIB

Alain Prost: Motorsport Tanpa Passion, Tidak Akan Berhasil!

Red:
Alain Prost: Motorsport Tanpa Passion, Tidak Akan Berhasil!
Foto: mobil.sportku.com
Alain Prost: Motorsport Tanpa Passion, Tidak Akan Berhasil!

SPORTKU.COM - Alain Prost, nama yang menjadi salah satu ikon di dunia Formula 1 hadir di Jakarta sebagai brand ambassador Renault. SPORTKU mendapat kehormatan untuk bertatap muka dan berbincang-bincang seputar aktifitas Alain Prost saat ini.

Sebagai mantan pembalap, Prost bercerita seputar kiprahnya di dunia balap. "Namun dunia F1 sekarang sudah berbeda dengan sebelumnya. Sekarang mereka lebih presisi dan juga sarat dengan teknologi baru," ujarnya.

Menurutnya, F1 adalah keajaiban dan puncak dalam pencapaian teknologi motorsport. Selain sebagai brand ambassador Renault, Alain Prost juga mengisi hari-harinya sebagai komentator balap F1. Komentar Prost semakin menambah warna-warni F1, selain tentunya aksi-aksi pembalap di lintasan.

Prost mengakui bahwa ini adalah kunjungannya pertama kali di Indonesia. "Saya menjadi bagian dari kehadiran Renault di Indonesia," ujarnya. Sebagaimana diketahui, Prost juga ikut ambil bagian dalam menguji ketangguhan Renault Duster yang baru saja diluncurkan di pasar Indonesia. 

Alain Prost, Brand Ambassador Renault

Renault, Alain Prost

Lantas bagaimana sebuah teknologi F1 bisa diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan penumpang (road car)? Prost mengatakan, "Teknologi F1 berkembang sangat cepat. Sedangkan teknologi untuk road car butuh waktu yang cukup lama. Meski pada akhirnya, teknologi F1 bisa diterapkan pada road car." Contohnya, lanjut Prost adalah penggunaan ceramic brake.

"Saya orang yang menguji ceramic brake pertama kali di F1. Pada saat itu banyak yang meragukannya tapi Anda lihat sekarang, semuanya menggunakan ceramic brake. Itu berarti banyak sekali pencapaian-pencapaian teknologi F1 yang bisa juga digunakan pada road car," ujar Prost yang dijuluki "The Professor".

Dalam kesempatan tersebut Prost juga memberikan masukan tentang bagaimana seseorang bisa mencapai kesuksesan di dunia motorsport. "Yang pasti semua harus dilakukan secara bertahap. Anda tidak bisa melakukannya dalam waktu singkat. Butuh proses," lanjut juara dunia 4 kali ini.

"Anda mungkin bisa mengawalinya dari gokart lalu terus menuju tingkat yang lebih tinggi. Tapi juga jangan dilupakan bahwa motorsport butuh dana yang cukup besar selain juga dibutuhkan disiplin yang ketat," lanjutnya.

Prost mengungkapkan bahwa passion sangat penting. "Motorsport tanpa passion, tidak akan berhasil!" tegasnya.

Renault, Alain Prost

sumber : mobil.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement