Selasa 17 Sep 2013 11:03 WIB

Bayi Lahir Caesar Gampang Gendut?

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Endah Hapsari
Bayi gendut/ilustrasi
Foto: AU.YAHOO.COM
Bayi gendut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berdasarkan studi terbaru dari Amerika Serikat, ternyata bayi yang lahir melalui proses caesar memiliki risiko dua kali lebih mudah gemuk pada usia tiga tahun dibandingkan bayi yang melalui persalinan biasa. ‘’Risiko itu harus disadari orang tua ketika memilih persalinan caesar,’’ ujar ujar Susanna Huh, Direktur Growth and Nutritional Program di RS Anak Boston, Amerika Serikat, seperti dikutip Health day. 

Di Amerika Serikat, saat ini satu dari tiga anak lahir melalui proses caesar. Fakta lainnya, satu dari tiga anak mengalami kegemukan. Susanna menjelaskan bayi mulai mengalami perkembangan dan kenaikan berat badan pada usia enam bulan dan pada usia tiga tahun. Pada perkembangan tahap awal, bayi-bayi yang dilahirkan melalui proses caesar tak mengalami berat badan berlebih.”Akan tetapi pada usia tiga tahun, 16 persen bayi lahir caesar terpantau mengalami kegemukan.” 

Saat ini para ahli sendiri sedang berusaha mengetahui penyebab kegemukan ini khususnya faktor yang me nye babkan bayi mengalami kegemukan. Selain itu, hingga saat ini belum di ketahui penyebab utama bayi meng alami kegemukan ketika dihubungkan dengan lahir secara caesar. “Kemungkinan beberapa macam bakteri yang hidup pada usus saat bayi itu lahir menyebabkan apapun asupan makanan yang masuk pada tubuh, khusus kalori dan nutrisi akan cepat terserap tubuh bayi,” urai Susanna yang juga dokter spesialis gastroenterologi anak. 

Selain itu, bakteri ini juga merangsang sel-sel dalam tubuh untuk meningkatkan penolakan pada insulin dan mempercepat terbentuknya lemak. Kemungkinan lainnya, ada hormon tertentu yang bekerja ekstra tinggi sehingga berpengaruh pada kegemukan. ‘’Riset ini harus kita lakukan secara mendalam agar bisa ditemukan penyebab utama kegemukan pada anak yang lahir melalui operasi caesar,’’ tutur Susanna.

Di lain sisi, Dr Amos Grunebaum mengatakan penelitian ini tak perlu membuat perempuan takut untuk melakukan operasi caesar. Perwakilan Asosiasi Ahli Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit New York Pres by terian di Kota New York ini menjelaskan memang ada beberapa perempuan yang butuh penanganan khusus dalam persalinan hingga harus menempuh operasi caesar. ‘’Jika Anda butuh di caesar, maka kalau tidak melakukannya akan jauh lebih berbahaya.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement