Senin 16 Sep 2013 16:57 WIB

Cara Membedakan Alergi Hidung dengan Sinusitis (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Alergi / Ilustrasi
Foto: corbis.com
Alergi / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- ROLers, anda yang memiliki alergi dengan saluran pernapasan khususnya di hidung biasanya ragu untuk membedakan apakah anda terkena alergi biasa atau sudah menderita sinusitis. Beberapa gejala penyakit antara kedua kondisi ini pada dasarnya memiliki perbedaan.

Ahli Kesehatan Khusus Asma dan Alergi Marlowe & Co, Dean C mitchell mengatakan alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru mengidentifikasi zat, seperti serbuk sari atau jamur sebagai jenis berbahaya dan meluncurkan serangan terhadap penyerang.

Peristiwa kimia yang terjadi pada saat tubuh membela dirinya sendiri akhirnya mengarah ke peradangan.

Peradangan yang disebabkan oleh alergi memengaruhi saluran hidung pertama kalinya. Jika meluas lebih dalam ke dalam sinus, daerah yang berisi udara di belakang dahi, pipi, mata dan tulang hidung, maka itu disebut seseorang akan menderita sinusitis .

Sinus dilapisi dengan jaringan tipis disebut mukosa yang akan memproduksi lendir dan membengkak bila meradang. Air dan lendir itu dapat terjebak dalam sinus, sehingga menyebabkan tekanan dan rasa sakit, sehingga menyebabkan infeksi.

Dilansir dari Symptomfind, Senin (16/9), studi menunjukkan sinusitis jarang terjadi tanpa peradangan pada selaput lendir hidung atau rhinitis, apakah itu disebabkan oleh alergi atau tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement