Sabtu 14 Sep 2013 10:31 WIB

Media Sosial Picu Kenakalan Remaja?

Media Sosial
Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, Munculnya situs-situs pertemanan (social media) yang kian digandrungi jutaan penduduk dunia ternyata juga mampu memicu pergeseran nilai-nilai sosial dalam masyarakat, khususnya di kalangan remaja. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa situs-situs pertemanan seperti facebook, twitter, myspace lebih mungkin membuat para remaja mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Kok bisa?

Remaja memandang bahwa yang keren adalah yang baik. Maka ketika mereka melihat koleksi foto teman-teman mereka sedang merokok atau mengonsumsi minuman keras yang diunggah di facebook, twitter, dan lainnya, mereka akan cenderung menganggapnya sebagai sesuatu yang keren dan wajib dicoba.

Seperti dilansir laman Dailymail oleh duniafitnes.com, Dr Thomas Valente profesor kedokteran preventif di University of Southern California mengatakan, “Penelitian kami menunjukkan bahwa remaja bisa terpengaruh merokok dan minum alkohol oleh foto teman dunia maya.”

Pada dasarnya berapa banyak teman yang dimiliki dalam situs-situs tersebut tidak mempengaruhi perilaku untuk merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Namun, ketika foto-foto tersebut diunggah keinginan untuk mencoba sesuatu yang ‘keren’ tersebut akan muncul.

Di sinilah orang tua wajib memberikan pendidikan kesehatan kepada anak-anak mereka. Terutama bagi anak-anak yang menginjak usia remaja. Dengan langkah ini diharapkan anak-anak tetap bisa memiliki kehidupan sosialnya dan terhindar dari pengaruh negatif pergaulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement