Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Wah, Perempuan Merokok Berisiko Pendarahan Otak

Sabtu 14 Sep 2013 09:46 WIB

Red: Endah Hapsari

Berhenti Merokok (Ilustrasi)

Berhenti Merokok (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Wanita yang merokok dan memiliki tekanan darah tinggi ternyata 20 kali lebih mungkin mengalami pendarahan otak dibandingkan dengan laki-laki yang tidak merokok dengan tekanan darah normal.

Penyebab paling umum dari pendarahan otak yaitu adanya salah satu aneurisma pecah. Aneurisma adalah pelebaran abnormal atau membesarnya bagian arteri akibat kelemahan pada dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan merokok dapat meningkatkan risiko beberapa jenis aneurisma.

Seperti dilansir situs duniafitnes, penelitian yang dilakukan oleh Helsinki University Central Hospital, Swedia, dan Australian School of Advanced Medicine, Australia, ini menunjukan bahwa risiko pendarahan sangat bervariasi tergantung pada faktor-faktor risiko tertentu seperti misalnya, jenis kelamin, merokok, dan tekanan darah.

Hal ini menunjukan bahwa perempuan merokok dan orang-orang dengan tekanan darah tinggi adalah yang paling mungkin mengalami pecahnya aneurisma mereka.

Dalam penelitian ini para peneliti juga mengindentifikasi tiga faktor risiko lainnya, yaitu serangan jantung, stroke pada seorang ibu, dan kolesterol tinggi pada pria. Parahnya, pada penelitian sebelumnya menunjukan bahwa orang dengan diabetes tipe-1 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami pendarahan otak yang tidak disebabkan oleh aneurisma pecah. “Kami berharap bahwa penelitian kami benar-benar membantu dokter dan pasien,” kata Profesor Miikka Korja, MD, PhD., seorang ahli bedah dari Macquarie University Hospital, Sydney, Australia.

Hasil dari penelitian ini sangat membantu dokter untuk bisa mencegah pendarahan otak, karena jika aneurisma lebih awal di ketahui sebelum pecah, para dokter masih memiliki kesempatan untuk mencegah pendarahan otak tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA