Jumat 13 Sep 2013 14:17 WIB

Jangan Keliru Pilih Wol, Ini yang Benar

Koleksi Pashmina
Foto: Republika/Agung Supri
Koleksi Pashmina

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana dengan kain wol asli dan palsu? Kain wol banyak digunakan untuk pakaian jas, blazer. Mengetahui keaslian kain sangat mudah. Ambil saja benang lalu dibakar. Kain wal yang asli habis menjadi abu, ada aroma bau kulit binatang. Sedangkan wol palsu, kainnya mengandung bahan polyester. Ketika dibakar akan meninggalkan gumpalan seperti plastik.

Kalau tidak memungkinkan mengecek melalui bakar-bakaran, ungkap desainer Herman Nuary, kiatnya dengan mengusap dari kehalusan kain. Kain wol asli bahannya lembut, halus, dan ringan melayang. Tidak gerah ketika dipakai. Berbeda dengan wol palsu, lebih berat, dan agak kasar, sehingga tidak nyaman bagi si pemakai.

Soal bahan ini sering kali jadi pertanyaan para pemakai pasmina yang kini sedang tren. Banyak pilihan pasmina dengan warna, corak, dan aneka jenis kain. Kain wol banyak digunakan untuk pasmina.

Agar Anda tidak tertipu pasmina asli dengan palsu, Herman memberikan ciri-cirinya. Pasmina asli kainnya ringan, kalau dibentuk ikatan menjadi kecil. Helaian benang padat, tidak mudah dicabut. Pasmina yang orisinal memiliki warna-warna yang kuat, ngejreng, tapi 'tidak norak'.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement