Rabu 11 Sep 2013 13:16 WIB

Mendadak Hamil, Siapkan Ini Dulu

Siapkan dana darurat untuk keluarga/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Siapkan dana darurat untuk keluarga/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hamil tanpa rencana? Keluarga yang memiliki dana darurat bisa memanfaatkan pos itu untuk membiayai pemeriksaan kehamilan, persalinan, hingga kebutuhan lain terkait kehadiran buah hati. Selanjutnya, orang tua perlu mematangkan rencana keuangan keluarga agar dapat memenuhi kebutuhan anak-anaknya. 

Dana pendidikan merupakan salah satu pos utama dalam anggaran rumah tangga yang mesti diprioritaskan oleh orang tua. Siapkan sejak dini agar tak kelimpungan saat anak membutuhkannya. “Alokasikan sejak anak belum lahir dan tempatkan di reksadana atau saham sebagai investasi jangka panjang,” saran Oktavia Wijaya, perencana keuangan dari MRE Financial & Business Advisory ini. 
Idealnya, 10 persen dari pendapatan tidak dibelanjakan. Ketika menabung, orang tua sebaiknya tidak memangkas pos keuangan kebutuhan hidup. Jika kebutuhan hidup meningkat, kurangi saja dana hiburan atau hobi. 
Dana simpanan dapat dialokasikan untuk tabungan dan investasi. Menabunglah sesuai dengan tujuannya. Orang tua ingin anaknya kelak kuliah di kampus berkualitas atau ke luar negeri, contohnya, tentu harus memperhitungkan besaran tabungan dengan tepat. “Pertimbangan waktu yang tersedia untuk menabung serta pilihan investasi terbaik untuk dana pendidikan,” papar Oktavia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement