Selasa 10 Sep 2013 15:47 WIB

Santapan Sehat untuk Tubuh Langsing

Kopi
Foto: ist
Kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk Anda yang berdiet sehat, ada sejumlah santapan yang bisa menjadi alternatif pilihan agar lemak pun menjauh. Pilih mana yang Anda suka dan jadikan ini santapan wajib saban hari.

 

Sesendok Madu 

Studi membuktikan kalau makanan yang mengandung fruktosa dan glukosa lebih sakti dibandingkan makanan yang mengandung glukosa saja sebagai pendorong energi. Namun, ketimbang menuangkan segelas sports drink coba pilih madu. Seperti gula, madu memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang seimbang. Madu lebih bermanfaat karena mengandung pula vitamin dan antioksidan. 

 

Semangkuk Yogurt 

Probiotik, atau senyawa kultur aktif yang terdapat dalam yogurt, ter bukti mampu menjaga kesehatan. Studi pada atlet seperti dikutip dari eatingwell.commenemukan fakta bahwa konsumsi kapsul probiotik secara rutin akan mening katkan sistem imunitas atlet. Probiotik juga berfungsi meredakan perut yang bergejolak, sebuah ge jala yang umum pada atlet yang ‘demam panggung’. 

 

Susu Cokelat 

Pada penelitian yang dilakukan di 2006, beberapa atlet sepeda diberi minum susu cokelat rendah lemak atau minuman olahraga yang berfungsi  mengganti elektrolit yang hilang. Pesepeda yang meminum susu cokelat diketahui sanggup sama lamanya dengan pesepeda yang mengonsumsi minuman olahraga. Artinya, olahragawan tidak membutuhkan minuman olahraga sehabis beraktivitas, karena susu cokelat memiliki manfaat yang sama. 

 

Secangkir Kopi

Sejumlah demonstrasi menunjukkan minum secangkir kopi akan memberi dorongan tenaga sebelum berolahraga. Tapi penelitian terbaru tidak mendukung demonstrasi tersebut. Kafein dipandang bermanfaat bagi olahragawan hanya bila dikonsumsi dalam bentuk kapsul. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement