Senin 09 Sep 2013 15:06 WIB

8 Tanaman Penyubur Rambut

lidah buaya
Foto: .
lidah buaya

REPUBLIKA.CO.ID, Rambut yang sehat, tebal, dan berkilau adalah harapan semua orang, apalagi kaum perempuan. Untuk menciptakan kondisi rambut ideal seperti itu, banyak ramuan dan obat yang bisa digunakan. Namun sesungguhnya, banyak tanaman di sekitar kita yang berfungsi untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Aneka tanaman penyubur rambut tersebut adalah :

 

* Bayam. 

Sayuran ini mengandung kalium, protein, lemak, fosfor, besi, dan berbagai vitamin, seperti A, B1, dan C. Untuk menyuburkan rambut, gunakan setengah genggang bayam lalu dicuci dan digiling halus. Setelah itu tambahkan setengah cangkir air matang dan satu sendok makan madu. Selanjutnya bahan tersebut diperas dan disaring lalu diminum sebanyak setengah cangkir.

 

* Daun kacang panjang. 

Daun tanaman ini mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, magnesium, mangan, niasin, vitamin B1, B2, dan C.

 

* Kelapa hijau. 

Air kelapa hijau diyakini mengandung berbagai zat yang berguna bagi kesuburan rambut, seperti glukosa, sakarosa, sukrosa, fruktrosa, mineral, dan asam amino.

 

* Tanaman klerak. 

Klerak atau lerak ini banyak dijumpai di hutan belantara. Daging buah tanaman ini mengandung zat saponin dan bijinya mengandung minyak. 

 

* Lidah buaya. 

Tanaman ini sudah terkenal khasiatnya untuk menjaga kesuburan rambut. Lidah buaya juga banyak dioleh menjadi shampo. Daun lidah buaya ini mengandung bermacam-macam zat, seperti barbaloin, isobarbaloin, beta-barbaloin, dan damar.

 

* Daun mangkokan. 

Jenis daun ini diyakini banyak mengandung zat protein, elmak, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin A, B1, dan C.

 

* Pisang. 

Buah ini juga mengandung zat-zat yang bisa menyuburkan rambut. Antara lain noradrenalin, 5-hidroksi triptamin, depamin, vitamin A, B kompleks, C dan E, serta seratonin, pektin, dan tanin. Sedangkan getah pisang mengandung tanin dan asam galat.

 

* Teh. 

Daun tanaman ini mengandung zat samak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement