Kamis 05 Sep 2013 15:06 WIB

Tanggapi Keluhan Pembalap, Bridgestone Siapkan Ban Slicks Terbaru

Red:
Tanggapi Keluhan Pembalap, Bridgestone Siapkan Ban Slicks Terbaru
Foto: motor.sportku.com
Tanggapi Keluhan Pembalap, Bridgestone Siapkan Ban Slicks Terbaru

SPORTKU.COM - Melihat semakin banyaknya kecelakaan yang menimpa para pembalap MotoGP, Dorna Sport serta beberapa pihak yang terlibat dalam ajang balap motor MotoGP mempertanyakan teknologi dari pemasok tunggal ban khusus MotoGP, Bridgestone. Hal ini juga dipicu setelah kecelakaan yang menimpa Cal Crutchlow dan Marc Marqeuz serta beberapa pembalap lainnya pada seri Silverstone kemarin.

MotoGP Seri Silverstone menghasilkan cukup banyak kecelakaan yang dialami para pembalap. Salah satunya adalah Cal Crutchlow yang 2 kali jatuh pada hari Sabtu pagi dan sekali lagi pada Warming up Minggu pagi. Ketiga kecelakaan yang dialami Crutchlow terjadi dalam kondisi lintasan dingin.

Kondisi lintasan 8 derajat lebih dingin dari sesi lainnya ternyata menjadi bencana bagi pembalap Monster Yamaha Tech 3 tersebut. Tapi tidak hanya Crutchlow, tercatat beberapa pembalap lain seperti Marc Marquez, Yonny Hernandez, Michele Pirro dan Nicky Hayden juga mengalami kecelakaan dan mereka menemukan salah satu kemungkinan bahwa ban mereka tidak dalam suhu yang pas, lebih dingin.

Tidak ada perubahan pada penggunaan ban dan para pembalap sepenuhnya terbiasa pada warming up untuk benar-benar 'pemanasan' bagi dirinya dan motor.

Namun, ketika suhu terjun bebas, ban Slicks Bridgestone menjadi ban yang sulit untuk dijinakkan. Alhasil, Bos MotoGP mendorong Bridgestone untuk segera melakukan perbaikan.

Dengan teknologi yang sudah ada saat ini, para petinggi MotoGP maupun pembalap mengharapkan adanya perubahan dari ban yang digunakan. Bridgestone menjawabnya dengan mempersiapkan ban slick belakang baru yang lebih cepat mendapatkan suhu panas hingga grip ban pada aspal maksimal.

Ban terbarunya kali ini menggunakan konstruksi yang berbeda dan dapat diterapkan untuk semua compound. Rencananya ban terbaru Bridgestone ini akan diuji oleh para pembalap di Sirkuit Misano pasca GP San Marino 16 September mendatang. Apakah ban terbaru Bridgestone ini akan meredam jumlah kecelakaan di MotoGP? Nantikan terus kabar selanjutnya.

Jorge Lorenzo dan Marc Marquezmotogp, motogp 2013, motogp seri 12, motogp silverstone, bridgestone, ban bridgestone, cal crutchlow, marc marquez, jorge lorenzo

sumber : motor.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement