Rabu 04 Sep 2013 19:49 WIB

Peserta OSN Jalani Tes Lima Jam di Hari Pertama

Olimpiade Sains, ilustrasi
Olimpiade Sains, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Sebanyak 92 siswa SMA peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013 bidang fisika mejalani tes hari pertama selama lima jam di SMAN 3 Bandung, Jalan Belitung, Rabu.

"Hari pertama dilakukan tes teori hampir selama lima jam mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB," kata Koordinator Tim Juri OSN 2013 bidang fisika Dr. Syamsu Rosid.

Ia menyebutkan bahwa seluruh peserta yang mengikuti ajang itu merupakan mereka yang sudah lolos hingga tingkat provinsi.

Jumlah soal yang dikerjakan peserta dalam jangka waktu yang cukup panjang itu berjumlah lima nomor soal. "Soalnya hanya lima nomor, tetapi itu esai semua sehingga peserta memerlukan waktu untuk menjawabnya secara detail," kata Syamsu Rosid.

Tes teori pada hari Rabu merupakan tahapan yang cukup menentukan bagi peserta yang bersaing ketat untuk mendapatkan nilai terbaik.

Jadwal OSN fisika pada hari Kamis (5/9) akan diisi dengan kegiatan tes eksperimen yang menguji para peserta OSN yang merupakan pemenang OSN di provinsi masing-masing dalam mengimplementasikan teori yang mereka kuasai.

Kegiatan itu menggunakan lima ruangan dengan masing-masing ruangan diawasi oleh dua orang pegawas, sedangkan juri yang akan memberikan penilaian dalam kegiatan itu sebanyak 12 orang.

"Juri ada 12 untuk bidang fisika. Pengawas dikerahkan masing-masing dua orang," katanya.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013 tingkat SMA untuk bidang fisika itu akan memperebutkan 30 medali, yakni lima medali emas, 10 perak, dan 15 perunggu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement