Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Wakapolri: Polisi Hiduplah Sederhana, Tapi Nggak Miskin

Rabu 04 Sep 2013 16:17 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Personil Kepolisian Republik Indonesia

Personil Kepolisian Republik Indonesia

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol Oegroseno meminta anggota kepolisian agar menerapkan pola hidup sederhana. "Bagaimana untuk pola hidup sederhana tapi nggak miskin," kata Oegroseno dalam pidato sambutan di acara Simulasi Pengamanan Pemilu 2014 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/9).

Dia menuturkan ketika masih berpangkat letnan dua, Oegro selalu menggunakan bus bila bepergian. Menurut dia, dengan menggunakan kendaraan umum, akan melatih dirinya agar lebih sabar. "Enaknya kalau naik bus kota, emosi terlatih, disalip kendaraan lain kita tidak marah," katanya.

Saat bertugas di Surabaya dia pernah menegur bawahannya yang menggunakan motor Harley Davidson dan memintanya untuk menggunakan motor bebek atau mobil sederhana saja. Selain itu bila seorang anggota Polri terlahir dari keluarga kaya, Oegro meminta untuk tidak memperlihatkan kekayaan orang tuanya yang bisa menarik kecurigaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dalam kesempatan itu ia juga meminta para kapolres yang rumahnya berdekatan dengan kantor agar menggunakan sepeda bila berangkat ke kantor "Yang rumahnya dekat dengan kantor, naik sepeda saja, menyehatkan, jangan naik mobil, apalagi dikawal," katanya.

Ia juga menyoroti tentang gaya hidup para kapolres saat ini. Oegro meminta agar gaya hidup mereka tidak berlebihan, contohnya dengan tidak menggunakan ajudan. Dia mengatakan bahkan ketika menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, pihaknya tidak memiliki ajudan.

"Semoga ke depannya tidak ada lagi anggota Polri yang berlebihan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA