Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Ekonom Peraih Nobel Ronald Coase Tutup Usia

Selasa 03 Sep 2013 10:30 WIB

Red: Nidia Zuraya

Ronald Coase, peraih Nobel bidang ekonomi tahun 1991

Ronald Coase, peraih Nobel bidang ekonomi tahun 1991

Foto: law.uchicago.edu

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Ronald Coase, ekonom Amerika Serikat kelahiran Inggris yang dianugerahi hadiah Nobel pada 1991, meninggal dunia dalam usia 102 tahun pada Selasa (3/9) di Chicago. Kabar duka tersebut disampaikan secara resmi oleh University of Chicago.

Coase, yang belajar di University of London dan London School of Economics, terkenal dengan artikelnya 'The Problem of Social Cost' pada 1960, yang menjadi dasar bagi Dalil Coase yang terkenal. Dalil itu menyatakan bahwa hak kekayaan yang dirumuskan dengan baik bisa mengatasi kekuatan nonpasar. Karya  lainnya adalah 'The Nature of the Firm' (1937), tentang konsep biaya transaksi dan bagaimana menjelaskan karakteristik dan keterbatasan perusahaan.

Ia juga dikenal karena perkiraan Coase, yang menyatakan bahwa pelaku monopoli penjualan barang-barang tahan lama -- produk seperti mobil dan kulkas yang tidak sering diganti -- dari waktu ke waktu bersaing dengan diri mereka sendiri sehingga harus menjual pada harga yang lebih rendah.

Setelah menikahi Marion Ruth Hartung dari Chicago, Coase pindah dari Inggris ke Amerika Serikat, ia bekerja di University of Buffalo, University of Virginia, dan University of Chicago, sejak 1964. Ketika mendekati ulang tahun ke-100 Coase sedang mengerjakan sebuah buku tentang ekonomi Cina dan Vietnam yang bertajuk 'How China Became Capitalist'. Dia juga menerima gelar doktor kehormatan dari Fakultas Ekonomi University of Buffalo pada Mei 2012.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA