Selasa 03 Sep 2013 16:58 WIB

Ini Pentingnya Perhatikan Gigi Balita

Si kecil ke dokter gigi
Foto: kidfocusdentistry.com
Si kecil ke dokter gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Orang tua perlu mewaspadai tumbuhnya gigi geraham pada anak dengan menyadari pertumbuhannya, karena letaknya yang tidak terlihat, kerap terlewat dalam perawatan gigi, kata Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Drg Zaura Rini Anggraeni.

"Yang terpenting, pada usia enam tahun, saat gigi seri mulai tanggal dan tumbuh gigi seri baru, sebenarnya aga geraham besar yang tumbuh di bagian gusi paling belakang. Nah gigi geraham permanen itu tidak ada gantinya, tapi sering terlewat dari pengawasan orang tua," ujar Zaura Rini Anggraeni.

Rini mengatakan, karena sering terlewatkan saat menyikat gigi, sehingga gigi geraham permanen pada anak menjadi berlubang saat anak berusia enam hingga tujuh tahun.

Ia mengemukakan, sangat disayangkan apabila gigi geraham permanen mengalami kerusakan saat usia anak masih dalam tahap pertumbuhan, karena kerusakan tersebut menjadikan anak memilih-milih makanan, sehingga gizi yang masuk ke dalam tubuhnya menjadi kurang maksimal. "Jadi, orang tua jangan terpaku pada tanggal dan tumbuhnya gigi susu saja, perlu juga diperhatikan gigi geraham yang tumbuh di gusi bagian belakang, atau dibelakang gigi geraham kecil," ujarnya.

Menurut dia, gigi geraham yang baru tumbuh pada anak berukuran besar dan bentuknya berlekuk-lekuk dalam, sehingga membutuhkan ketelitian dalam menyikatnya. Rini menegaskan, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam merawat gigi anak-anak, misalnya saat memilih sikat dan pasta gigi anak, hingga saat menyikat gigi pada pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, sehingga gigi anak-anak tumbuh dengan sempurna dan mereka tidak mengalami hambatan dalam meraih cita-cita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement