Jumat 30 Aug 2013 21:30 WIB

Rutin Konsumsi Madu Bikin Tubuh Selalu Sehat

Madu bisa menjadi pengganti gula dalam resep (ilustrasi)
Madu bisa menjadi pengganti gula dalam resep (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum madu yang dilarutkan di dalam air ternyata memudahkan pencernaan, sehingga kerja lambung dapat lebih mudah.

"Melarutkan madu dengan air adalah cara terbaik sebelum dikonsumsi. Selain memudahkan pencernaan, cara tersebut juga mencegah iritasi pada tenggorokan," kata Kepala Jaringan Medis HDI Indonesia, dr Ivan Hoesada di Jakarta, Jumat (30/8).

Ivan mengatakan, sifat madu alami yang sangat kental kerap menyulitkan lambung dalam melakukan pencernaan, sehingga air dapat menjadi solusi agar kerja lambung lebih mudah. Selain itu, lanjut Ivan, kekentalan madu yang langsung diminum juga seringkali menempel di tenggorokan dan sulit didorong dengan air, sehingga berpotensi menyebabkan radang tenggorokan.

Menurut Ivan, campuran yang tepat saat mengonsumsi madu adalah satu sendok makan madu dicampur dengan segelas air, kemudian diaduk merata dan langsung diminum. "Larutkan dengan air biasa atau lebih bagus lagi air dingin, tapi jangan melarutkan madu dengan air panas, karena akan merusak vitamin, enzim dan khasiat lain dalam madu," kata Ivan.

Madu sangat baik dikonsumsi tiga kali sehari oleh orang dalam kondisi normal. Namun, masih kata Ivan, jumlahnya bisa ditingkatkan hingga empat sampai lima kali sehari bagi atlet atau pasien dalam masa penyembuhan.

"Pada kondisi tertentu, seperti atlet, madu sangat baik untuk lebih sering dikonsumsi, karena dapat langsung menghasilkan glikogen yang langsung memproduksi energi," kata Ivan.

Selain itu, lanjut Ivan, madu juga dapat dikonsumsi kapan saja, namun untuk orang yang kurang nafsu makan, madu baik dikonsumsi sebelum makan. Mengonsumsi madu juga perlu diperhatikan bagi penderita diabetes dan gagal ginjal, karena konsumsinya harus dibatasi.

"Kalau untuk penderita diabetes dan gagal ginjal, maksimal konsumsinya adalah dua kali sehari. Dan cara mengonsumsinya juga harus dilarutkan dengan air," kata Ivan mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement