Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Kalahkan Ronaldo, Ini Dia Pemain Termahal di Dunia

Sabtu 24 Aug 2013 05:18 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Endah Hapsari

Gareth Bale

Gareth Bale

Foto: guardian.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Gareth Bale dilaporkan telah resmi berpindah ke Real Madrid. Nama dan wajahnya juga sudah dihapus dari laman resmi Tottenham Hotspur. Sebagai kompensasi pembelian Bale, Madrid harus mengeluarkan dana sebesar 99 juta dolar AS atau setara Rp 1,46 triliun kepada Tottenham Hotspur. Pembayaran Bale dilakukan secara tunai lantaran bos Spurs, Daniel Levy enggan memasukkan klausul Fabio Coentrao sebagai paket transfer.

Tentu saja ia menyandang pemain termahal di dunia mengalahkan Cristiano Ronaldo. Sebagai perbandingan, Los Blancos mendapatkan Ronaldo dari Manchester United sebesar 96 juta pound atau sekitar Rp 1,41 triliun. 

Dikutip Marca, Sabtu (24/8), Bale bakal membela Madrid hingga enam tahun ke depan. Gaji yang diterimanya sekitar 10 juta euro atau setara Rp 147 miliar, sudah termasuk potongan pajak per tahun. Ia diberi nomor punggung 11 yang memang sudah disiapkan manajemen Madrid sejak beberapa hari yang lalu. Pemain berusia 24 tahun itu menjadi pembelian ke lima Madrid pada musim ini, setelah Dani Carvajal, Casemiro, Isco, dan Asier Illarramendi.

Meski kedua klub itu belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait perpindahan Bale, namun staf Stadion Santiago Bernabeu tengah mempersiapkan panggung penyambutan sang pemain. Ia diperkirakan datang ke Kota Madrid pada Senin (26/8), dan diperkenalkan ke publik sehari sesudah merampungkan administrasi transfer. Ketika Ronaldo datang pada empat tahun lalu, proses pengenalannya dihadiri sekitar 80 ribu pendukung yang memadati stadion.

Banyak pihak menilai harga penggawa timnas Wales tersebut terlampau mahal lantaran belum pernah memberikan klubnya trofi satu pun. Berbeda dengan Ronaldo yang direkrut dengan status Pemain Terbaik Dunia 2008 setelah meraih gelar Liga Champions bersama the Red Devils.

Namun, Madrid tidak merasa rugi atas kebijakan pembelian super mahal itu. Presiden Madrid Florentino Perez sudah berhitung, Bale bisa dijadikan ikon klub sebagaimana Ronaldo. Diprediksi, pemasukan klub dari penggunakan merek mantan pemain Southampton itu bisa mencapai 100 juta pound atau sekitar Rp 1,47 triliun. Tentu saja, Madrid juga berharap performanya menawan hingga mampu menghadirkan trofi La Liga Spanyol maupun Liga Champions yang diidam-idamkan Madridista.

Secara total, lima rekor pembelian pemain termahal di dunia dipegang Madrid. Setelah Bale dan CR7, Zidane 75 juta euro (Rp 1,1 triliun) dan Kaka 67,2 juta euro (R 988 miliar) menempati urutan keeempat dan kelima. Hanya Zlatan Ibrahimovic yang dibeli Barcelona dari Inter pada 2009 seharga 75 juta euro (Rp 1,1 triliun), yang masuk urutan ketiga pemain termahal, yang bukan pembelian Perez.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA