Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

4 Kiat Kendalikan Rasa Marah

Senin 26 Aug 2013 16:58 WIB

Red: Endah Hapsari

Menahan marah/ilustrasi

Menahan marah/ilustrasi

Foto: wannabemagazine.com

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengendalikan rasa marah yang melanda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya:

 

1. Punya buku harian

Catat setiap hal yang membangkitkan kemarahan kita: apa, siapa, siapa saja yang menyaksikan situasi tersebut, dan apa pendapat kita tentang objek yang membuat kita marah tersebut. Selain itu catat pula reaksi yang muncul dan berapa lama perasaan marah itu bertahan. Ada baiknya juga mencatat mood kita sendiri sebelum pemicu marah itu muncul. 

Jika ini dilakukan secara teratur, terutama kalau kita memang tergolong orang yang gampang marah, maka dalam beberapa waktu kemudian kita mungkin akan mengenali pola marah kita. Dengan begitu, kita bisa lebih gampang mengelolanya setiap kali perasaan itu muncul lagi. Akhirnya, tak perlu lepas kendali jika ada sesuatu yang menjengkelkan terjadi. 

 

2.Tarik napas

Jangan buru-buru menyemprot sesuatu atau seseorang yang memancing kemarahan kita. Tarik napas dalam dan hitung pelan-pelan sampai 10 atau 20. Tujuannya adalah memberikan waktu bagi diri sendiri untuk merefleksikan keadaan: layak atau tidak kita mengekspresikan kemarahan. 

 

3. Shalat

Jika cara itu tak berhasil, tinggalkan saja dulu tempat atau orang yang membuat marah itu. Berwudhu (shalat lebih baik), atau sekadar jalan-jalan cari angin sangat membantu menetralkan perasaan. Kita juga akan lebih mudah membuat permakluman terhadap sesuatu atau seseorang yang menjengkelkan kita. ''Mungkin dia sedang punya masalah,'' dan sejenisnya. 

 

4. Olahraga

Akhirnya, ada cara lain yang cukup mudah untuk mengusir marah, yakni berolahraga. Dengan cara ini energi yang sedianya kita ''sediakan'' untuk memarahi orang lain bisa mendapatkan penyaluran yang menguntungkan diri kita. Badan sehat, pikiran longgar. Enak kan? 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA