Kamis 22 Aug 2013 02:15 WIB
Bursa Transfer Pemain Sepakbola

Duo Everton Terus Diburu MU

Maroune Fellaini
Foto: AP Photo/Jon Super
Maroune Fellaini

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manajer Manchester United (MU) David Moyes dilaporkan belum menghentikan perburuan terhadap dua mantan anak asuhnya di Everton, Marouane Fellaini dan Leighton Baines. Sempat ditolak pihak Everton, Moyes seperti diberitakan Daily Mirror, Selasa (20/8), menyiapkan kenaikan paket tawaran baru sebesar 35 juta pound (sekitar Rp 591 miliar).

Rincian tawaran yang diajukan United adalah 20 juta pound untuk harga Fellaini dan 15 juta pound untuk Baines. Tawaran United untuk Fellaini sebenarnya masih dibawah nilai klausul pembelian (buy-out clause) Fellaini senilai 23,5 juta pound. Tawaran ini diperkirakan menjadi tawaran terakhir United kepada Everton sebelum bursa transfer ditutup pada 2 September.

Manajer baru Everton Roberto Martinez menyatakan, United membuang-buang waktu dengan memburu Fellaini dan Baines. Martinez pekan lalu telah bersumpah akan mempertahankan Baines, tetapi tidak bisa memastikan masa depan Fellaini di Goodison Park. “Itu hanya buang-buang waktu. Saya tidak mau berbicara soal spekluasi apa pun,” kata Martinez.

Fellaini sebenarnya bisa saja meninggalkan Everton jika ada klub yang mau membayar nilai klausul pembelian sebesar 23, 5 juta pound. Namun, United tidak memanfaatkan klausul pembelian Fellaini yang telah berakhir masanya pada akhir bulan lalu. Everton malah menilai, paket tawaran sebesar 28 juta pound (sekitar Rp 459 miliar) dari United sebelumnya sebagai 'penghinaan' karena nilainya yang dianggap tak sepadan untuk Fellaini plus Baines.

Martinez terkenal sebagai manajer yang kerap menolak tawaran klub lain terhadap pemainnya. Pada musim lalu saat masih mengarsiteki Wigan Athletic, Martinez menggagalkan proses transfer Victor Moses yang ditawar Chelsea dengan nilai 9 juta pound. “Saya tidak ingin terlibat dalam bursa transfer saat musim baru telah berjalan,” ujar Martinez menegaskan.

Rencana Cadangan Mou

Sementara, Manajer Chelsea Jose Mourinho tengah menyiapkan rencana cadangan jika perburuannya terhadap striker Manchester United Wayne Rooney menemui kegagalan. Sebelumnya, Chelsea telah dua kali mengajukan penawaran resmi kepada pihak United untuk memboyong Rooney ke Stamford Bridge. “Kami memiliki rencana B dan C,” kata Mourinho, dalam keterangan pers sebelum laga melawan Aston Villa pada Rabu (21/8).

Mourinho menegaskan, dirinya akan membeli satu pemain lagi sebelum bursa transfer ditutup pada 2 September 2013. Namun, Mourinho tidak mau menyebutkan pemain incaran pengganti Rooney itu. “Kami dalam kondisi meningkatkan peforma tim dengan cara membeli satu pemain lagi dan kami akan berjuang sampai akhir,” tegas Mourinho.

Melawan Aston Villa, Chelsea akan kembali bertanding tanpa bek tengah David Luiz yang mengalami cedera hamstring. Namun, gelandang Juan Mata diharapkan dapat berlaga setelah absen dalam laga pembuka Chelsea di Liga Primer melawan Hull City pada akhir pekan lalu. “Saya tidak berlatih bebarapa hari belakangan, tapi saya telah kembali,” kata Mata. n reuters ed: andri saubani

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement