Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Pembangunan Fisik Bandara Sentani Capai 60 Persen

Rabu 21 Aug 2013 07:12 WIB

Red: Citra Listya Rini

Bandara Sentani, Papua

Bandara Sentani, Papua

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Pelaksana Harian Kepala Bandara Klass I Sentani Benyamin N Apituley menyatakan pembangunan fisik Bandara Sentani, Jayapura, Papua sudah mencapai 60 persen.

"Rencananya pada bulan Desember 2013 diharapkan dapat selesai," kata Benyamin yang akrab disapa Beno, Rabu (21/8).

Ia menjelaskan pembangunan fisik bandara yang sementara ini berjalan adalah perpanjangan landasan. Yang tadinya hanya sejauh 2500 km, kini ditambah menjadi 3.000 km.

Beno menuturkan untuk menambah panjang landasan sejauh 500 km membutuhkan dana sebesar Rp 40 miliar yang berasal dari dan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional) tahun 2013.

Selain pembangunan landasan, Beno melanjutkan, juga akan ada penambahan satu buah garbarata lagi. Garbarata ini dipesan secara khusus dari PT Bukaka seharga Rp 8 miliar per unitnya.

"Sementara ini ada dua garbarata yang sudah digunakan, jika ditambah dengan yang baru maka Bandara Sentani akan memiliki 3 unit garbarata," urai Beno.

Beno mengatakan garbarata ini rencananya akan tiba di Bandara Sentani sekitar bulan September atau Oktober tahun 2013 ini. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pembenahan pelayanan bagi masyarakat seperti terminal. Pasalnya, dengan penambahan maskapai penerbangan maka secara otomatis menambah pula penumpang dan hal tersebut harus segera diantisipasi.

Beno mengungkapkan di Bandara Sentani semua fasilitas sudah terpenuhi, tinggal bagaimana memaksimalkan pengelolaan untuk mengoptimalkan pelayanan, baik bagi masyarakat maupun bagi pengguna jasa yaitu maskapai penerbangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA