Sabtu 17 Aug 2013 08:46 WIB

Ini Akibatnya Bila Anak Banyak Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman Soda (ilustrasi).
Foto: blogs.sacurrent.com -
Minuman Soda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi baru menemukan bahwa anak-anak yang minum empat atau lebih porsi minuman bersoda per harinya, memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk berperilaku agresif dibandingkan anak yang tidak minum minuman bersoda.

Para peneliti meminta 3.000 ibu yang memiliki anak berusia 5 tahun untuk melacak berapa banyak porsi minuman ringan yang dikonsumsi anak-anak mereka per harinya selama periode dua bulan dan melaporkan perilaku anak-anak mereka. Data menunjukkan bahwa 43 persen anak-anak yang mengkonsumsi setidaknya satu porsi soda setiap hari. Sementara itu, 4 persen dari anak-anak minum empat atau lebih soda.

Pakar epidemiologi Shakira Suglia dari Columbia Mailman School of Public Health di New York melakukan penelitian dengan rekan-rekannya dari University of Vermont dan School of Public Health Harvard University. Ia mengatakan mereka menemukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi banyak soda memiliki kemungkinan untuk menunjukkan perilaku mengganggu, dua kali lipat dibanding mereka yang tidak minum soda seperti dilansir VOA.

"Untuk anak-anak yang mengkonsumsi empat atau lebih minuman ringan per hari, kita melihat hubungan antara perilaku agresif, masalah perhatian dan perilaku," katanya. "Ini setelah kami menyesuaikannya dengan sejumlah faktor sosio-demografi, serta apakah anak itu mengkonsumsi permen dan coklat, konsumsi minuman jus, serta beberapa kondisi lainnya yang mungkin terjadi di rumah yang mungkin berhubungan dengan perilaku tersebut, serta gaya pengasuhan orangtua.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement