Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Hari ini di 1913 Brearley Menemukan Baja Tahan Karat

Selasa 13 Aug 2013 19:01 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Baja tahan karat

Baja tahan karat

Foto: cordobasteel

REPUBLIKA.CO.ID,Harry Brearley (1871 - 1948) dikenal sebagai penemu stainless steel atau baja tahan karat.

Hari ini di 1913 stainless steel pertama diproduksi di laboratorium Brown-Firth milik Brearley. Baja tahan karat adalah senyawa besi yang mengandung setidaknya 10,5 persen Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum).

Ayah Brearley bekerja di peleburan baja. Pada usia 12 tahun, Brearley bekerja di pabrik baja tempat ayahnya bekerja. Setelah itu ia menjadi asisten di laboratorium kimia. Ia juga sempat belajar ke pabrik di luar negeri. Setelah itu magang sebagai asisten laboran.

Pada tahun 1908 2 pabrik baja besar di Sheffield setuju untuk membiayai laboratorium riset umum: Brown Firth Research Laboratories, di mana Brearley memimpin proyek itu.
Pada tahun 1912 laboratorium tersebut meneliti korosi laras senapan. Masalahnya adalah baja tersebut tidak tahan suhu tinggi. Brearley mulai menguji penambahan kromium ke baja. Hasilnya, ia menemukan dan memproduksi baja tahan karat.

sumber : Wikipedia
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA