Selasa 13 Aug 2013 10:08 WIB

Benda Inilah yang Harus Ada dalam Dompet

Pastikan sejumlah kartu telah siap dalam dompet Anda (ilustrasi)
Pastikan sejumlah kartu telah siap dalam dompet Anda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika bepergian, pastikan benda-benda ini telah ada dalam dompet Anda. Ini karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi beberapa menit ke depan. Jadi, tak ada salahnya berjaga-jaga bukan?

* Kartu asuransi

Selain kartu identitas resmi, seperti KTP dan SIM, masukan juga kartu asuransi di dompet. Selipkan juga kartu nama agar bisa bertukar kontak ketika tak sengaja bertemu dengan kenalan baru. Alternatif lainnya, gunakan aplikasi digital, seperti BeamMe, SnapDat, dan DropCard untuk memangkas ketebalan dompet. Lantas, singkirkan struk belanja yang mungkin menjejali dompet. Hindari menyimpan bukti transaksi perbankan.

* Tanda pengenal

Letakan tanda pengenal lengkap dengan nomor telepon pribadi Anda di bagian yang paling mudah terlihat di dalam dompet. Ini akan memudahkan orang untuk mengenali pemilik dompet begitu menemukannya. Pastikan di dompet juga tertera informasi nomor telepon orang terdekat yang harus dihubungi di saat darurat.

* Uang tunai dan plastik

Kendati transaksi online sudah makin meluas penggunaannya, jangan lupa membawa uang tunai yang cukup untuk memudahkan pembayaran dalam jumlah yang tak terlalu besar. Uang tunai juga dibutuhkan saat kondisi darurat. Lalu, simpan kartu debit atau kredit yang paling sering dipakai di kantong terdepan. Tinggalkan kartu yang jarang dimanfaatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement