Senin 12 Aug 2013 15:08 WIB

Tips untuk Si Super Sibuk

Memasak sekaligus dapat membantu mengatasi kesibukan yang padat/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Memasak sekaligus dapat membantu mengatasi kesibukan yang padat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Soal menghemat memang tak hanya seputar uang. Waktu pun perlu dihemat agar kegiatan kita tak boros waktu. Apalagi, jika kita harus membagi waktu antara di rumah dan di tempat kerja. Situs About memberikan salah satu paket berisi tips agar kita irit soal waktu. Mari kita simak!

1. Menaruh barang pada tempatnya.

Upaya ini memang membutuhkan tekad yang ekstra kuat agar kita disiplin menaruh barang pada tempatnya. Namun manfaatnya memang akan terasa: kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari kunci, mencari dokumen penting, atau membersihkan isi laci yang ternyata separuhnya berisi barang tak terpakai.

2. Hindari saat mengantre.

Bukan berarti Anda harus memotong jalur antrean, lho. Tapi saat berbelanja misalnya, pilihlah di luar jam sibuk. Hindari hari-hari padat seperti Sabtu dan Ahad, terutama pada awal bulan. Terbayang, betapa panjangnya antrean di depan kasir. Kuncinya memang terletak pada perencanaan. Berat? Cobalah dulu!

3. Lakukan sesuatu saat antre.

Jika Anda terpaksa harus mengantre misalnya membayar tagihan listrik, telepon, atau mengurus surat kendaraan, lakukan sesuatu. Misalnya membaca buku, merancang rencana, atau menulis kartu ucapan. Jadi saat hendak keluar rumah, jangan lupa membawa ''bekal''. Bisa berupa buku, atau buku notes Anda.

4. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Itulah pepatah untuk Anda, yang berarti mengerjakan sejumlah kegiatan yang lokasinya berdekatan dalam satu waktu.

5. Memasak untuk beberapa hari.

Anda bisa manfaatkan waktu libur untuk memasak hidangan selama beberapa hari. Bungkus masing-masing makanan untuk sekali hidang, lalu masukkan ke dalam freezer. Nanti, Anda tinggal menghangatkan. Beberapa jenis adonan kue seperti pancake bahkan bisa disimpan dalam keadaan mentah di freezer Anda.

6. Memasak sambil mencuci.

Ini ide jitu untuk Anda yang mengerjakan tugas memasak sendiri di rumah. Sambil menunggu rebusan Anda mendidih, curilah waktu untuk mencuci satu atau dua perabot Anda. Akhirnya, masakan matang, tugas mencuci pun beres. Lagi-lagi, ada waktu ekstra yang bisa Anda nikmati.

7. Terimalah uluran tangan orang lain.

Saat suami bisa mengulurkan tangan, mengapa disia-siakan? Atau Anda bisa mengajak anak-anak untuk belajar membereskan mainan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement