Rabu 07 Aug 2013 13:12 WIB

Makanan Sehat Tanpa Bikin Bangkrut

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Menu potongan berbagai buah segar (ilustrasi)
Foto: themontercarloonline.com
Menu potongan berbagai buah segar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang makanan sehat itu mahal? Tips dari The Daily Meal berikut dapat memandu konsumen untuk berhemat tanpa mengorbankan pemenuhan nutrisi keluarga. Selamat mempraktikkan!

Buah dan sayuran potong

Wortel dan melon potong memang praktis. Sebelum memasukkannya ke keranjang belanja, coba lihat harganya. Ternyata, buah dan sayuran potong lebih mahal ketimbang yang masih utuh. Dalam jangka panjang, trik ini dapat membantu menghemat pengeluaran. Lagi pula, begitu dipotong, buah dan sayuran juga mengalami penurunan rasa, terlebih pada bawang putih dan sayuran hijau untuk salad.

Mengurangi daging

Daging memang kaya akan nutrisi. Persoalannya, harganya cukup menguras isi dompet. Tak terkecuali daging sapi dan ayam. Untuk asupan protein keluarga, berkreasilah dengan kacang-kacangan, telur, dan tempe yang lebih terjangkau. Jika ingin makan daging dengan cara hemat, beli saja daging sapi bagian paha atas ( flank). Paha ayam juga lebih murah dan bernutrisi ketimbang dada.

Beli secukupnya

Terkadang, membeli dalam jumlah besar menguntungkan juga. Tapi, ada kalanya, itu tak menguntungkan pula. Belilah secukupnya. Sebelum membeli, cek dulu harga kemasan reguler, lalu bandingkan dengan harga kemasan jumbo.

Mengenyangkan

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan keuangan, pilihlah makanan yang memberi rasa kenyang. Coba saja ganti beras putih dengan beras cokelat. Pilih ubi sebagai pengganti kentang. Dengan perut yang terasa penuh, lapar mata bisa terhindari dan uang pun tak mudah terhamburkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement