Rabu 31 Jul 2013 16:13 WIB

Trik Memilih Pengharum Ruangan yang Pas

Potpourri
Foto: squarespace.com
Potpourri

REPUBLIKA.CO.ID, Pengharum ruang kini menempati segmen belanja yang cukup 'basah'. Mau bukti? Jalan-jalan saja ke pusat perbelanjaan dan hitung dengan jari berapa toko yang menjual produk pengharum ruangan. Bandingkan pula jumlah peminat di masing-masing toko itu. Melihat item produknya, yang paling menyedot perhatian konsumen saat ini adalah minyak esensial, yang biasanya berpasangan dengan rangkaian bunga kering pot pouri. 

Ada dua jenis pengharum ruangan yang saat ini tersaji di pasaran, yaitu yang terbuat dari bahan alami dan sintetis. Produk sintetis umumnya berbentuk spray, bentuk padat, lilin, dan deodoran ruangan yang pemakaiannya harus dicocokkan ke stop kontak listrik. Sedang wewangian natural biasanya berbentuk minyak esensial dan digunakan sebagai aroma terapi. 

Apa beda keduanya? Mari kita menilik produk minyak esensial dulu. Untuk membuat harum satu ruangan, kita hanya memerlukan beberapa tetes saja minyak esensial. Kalaupun mau dibuat cairan pengharum, maka hanya dibutuhkan minyak esensial sebesar 1 persen dari keseluruhan campuran. 

Pengharum natural juga tidak mengandung alkohol, digunakan dengan cara diteteskan atau ditekan dari botol, dan terdiri dari komponen molekuler yang aakan dengan cepat menyebarkan bau. Satu lagi keunggulannya, pengharum natural ini juga mampu membunuh bakteri dan harganya lebih mahal ketimbang pengharum sintetis. Sedangkan pengharum sintetis terbuat dari bahan kimia. Cairan ini dikeluarkan dengan melalui banyak cara. Yang paling populer adalah model spray dan bentuk padat. cara kerja pengharum sintetis ini seperti memberi masker bau, tidak mengeliminasi bau yang ada sebelumnya. Harganya juga jauh lebih murah. 

Banyak cara merilis pengharum ruangan untuk membaui seluruh ruangan. Cara paling populer, seperti disebutkan tadi, adalah dengan penyemprotan atau spray. Cara lain adalah melalui proses difusi. Pengharum ruangan membutuhkan bantuan sejenis kain parasit untuk membantu menyebarkan bau ke seluruh ruangan. Umumnya, kain ini diberi warna beragam dan dibentuk menyerupai bunga plastik. Jadi, ketika kuntum bunga sintetis ini diciup, bau yang disebarkan seperti bau bunga aslinya. 

Cara lainnya adalah pembakaran. Pengharum jenis ini biasanya sudah dicampur dengan lilin. Jadi begitu liling dinyalakan, maka asapnya akan menyebarkan bau ke seluruh penjuru ruangan. Pengharum jenis lain -- umumnya sintetis -- hanya perlu membuka tutup kemasannya saja. Bentuknya padat, menyerupai sabun lunak. Beberapa merek pengharum mobil juga menggunakan pewangi model ini. Selain aman karena anti tumpah, cara pemakaiannya juga lumayan praktis dan awet. harganya relatif murah, karena pilihan wewangiannya juga terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement