Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Peternak Domba Desak Serigala Dikelompokan Sebagai Hama

Rabu 31 Jul 2013 19:07 WIB

Red:

Serigala

Serigala

CANBERRA -- Seiring dengan terus bertambahnya jumlah serigala atau rubah di Ujung Barat New South Wales - Australia, Asosiasi Penggembala lokal mendesak agar hewan itu dikategorikan sebagai hama liar didalam undang-undang. Mereka menyatakan rubah menciptakan lebih banyak kerusakan terhadap peternakan dikawasan itu dibandingkan babi dan anjing liar.

Di sejumlah negara bagian lain, serigala memang sudah dikategorikan sebagai hewan hama tapi di New South West tidak. Presiden  Chris Wilhelm dari Asosiasi Penggembala West Darling (PAWD) mengatakan dirinya menilai serigala adalah hama liar. "Rasanya aneh kita mengelompokan babi, dingo dan anjing liar sebagai hama dalam UU padahal serigala melakukan kerusakan yang lebih  buruk.”

"Kami pikir 3 hewan harus dikategorikan sebagai hama. Jumlah populasi serigala selalu menjadi kekhawatiran kami karena mereka  memangsa domba.”

Direktur spesies invasif Glen Saunders dari Departemen Industri Primer (DPI) mengatakan ada ketentuan di bawah UU Tanah Pedesaan untuk memasukan rubah dalam daftar hama tapi proses itu tidak mudah.

"Ada banyak alasan mengapa proses untuk memasukan serigala dalam daftar hama itu sulit, karena mereka sulit di sensus. Padahal untuk bisa  masuk dalam daftar hama itu ada kriteria yang harus dipenuhi dan harus bisa  menunjukan kalau didalam satu kawasan itu serigala adalah hama yang tidak bisa dikontrol. Mungkin kriteria itu terdengar  mudah, tapi sangat sulit untuk dibuktikan di pengadilan,” jelas Glen Saunders.

Pemburu di Ujung Barat NSW, Steve Lee mengatakan perburuan serigala menjadi cara yang bagus untuk mengatasi jumlah populasi  berlebih dari serigala yang ada saat ini. Para pemburu perlu didorong dengan hadiah ketika berburu. "Misalnya $10 atau  $20 untuk satu ekor serigala yang berhasil diburu, tentu insentif itu akan sangat layak untuk mendorong orang-orang pergi berburu dan benar-benar menyingkirkan serigala-serigala itu. Seorang pemburu yang bagus mungkin akan bisa menangkap 50 ekor rubah setiap  malam. "

Namun usulan ini ditolak Direktur Infasif Spesies Glen Saunders yang menilai perburuan bukan metode yang efektif.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA