Selasa 30 Jul 2013 12:24 WIB

F1 Akan Tes Pramusim di Timur Tengah

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mansyur Faqih
F1
Foto: www.bettingisland.it
F1

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Tim Formula One (F1) akan mengadakan dua tes pramusim di Timur Tengah pada 2014. Timur tengah dipilih karena memiliki cuaca ideal untuk menguji kendaraan menjelang balapan pada musim depan yang disinyalir lebih banyak tantangan. 

Dubai, Abu Dhabi, dan Bahrain merupakan kandidat sirkuit yang akan dijajal dalam tes pramusim oleh para pebalap F1. Bahrain telah mengutarakan keinginan untuk menjadi tuan rumah di putaran pembuka dalam kejuaraan tahun depan. Sedangkan Dubai dinilai sebagai sirkuit favorit saat ini, meski pun tidak menjadi tuan rumah grand prix dan hanya menjadi tuan rumah untuk kejuaraan seri junior.

"Timur Tengah memiliki cuaca yang pas untuk menguji mesin kendaraan kami," ujar Kepala Tim Mercedes Ross Brawn, dilansir Reuters, Selasa (30/7).

Musim depan, tes pertama akan dilakukan di Eropa. Sedangkan tes kedua dan ketiga akan berbasis di Timur Tengah. Brawn menjelaskan, tes di sirkuit yang sama dibutuhkan oleh tim F1 untuk mengetahui performa kendaraan sehingga para pebalap mudah untuk menyesuaikan diri di segala cuaca. Hal tersebut juga untuk mengatasi timbulnya masalah logistik.

Tes pertama akan dilakukan di sirkuit Jerez selatan yang merupakan venue khusus untuk pramusim. Pada musim depan, peraturan F1 mengalami perubahan, yakni menggunakan mesin turbocharged V6 yang memiliki sistem pemulihan energi menggantikan mesin V8 yang saat ini digunakan. Dengan demikian, seluruh tim F1 akan melakukan tes pramusim lebih awal yang rencananya dilakukan pada Januari 2014. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement