Geliat Iktikaf di Masjid Perkantoran

Rep: Amri Amrullah/ Red: Citra Listya Rini

 Senin 29 Jul 2013 13:30 WIB

iktikaf Foto: Republika iktikaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadhan, geliat iktikaf di berbagai masjid mulai terlihat. Pelaksanaan itikaf bukan hanya terlihat di masjid pemukiman warga saja, tapi juga tampak di masjid perkantoran yang berada di pusat kota Jakarta.

Salah satu masjid perkantoran yang rutin menyelenggarakan iktikaf setiap tahunnya adalah masjid Baitul Ihsan di komplek perkantoran Bank Indonesia (BI). Masjid Baitul Ihsan atau biasa disebut Masjid BI ini rutin menyelenggarakan iktikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

Kepala Satuan Operasional (KSO) Masjid BI, Fahrul Razi, mengatakan walaupun masjid BI ini berada di wilayah yang pengamanannya cukup ketat terkait dengan kekayaan negara. Namun, itu tidak membuat aktivitas ibadah masjid ini tertutup, terlebih di bulan suci Ramadhan. 

"Masjid BI aktif kegiatan ibadah selama Ramadhan, termasuk kegiatan iktikaf yang itu jarang diadakan di masjid perkantoran lain," kata Fahrul ketika ditemui Republika di kantor sekretariatan Masjid BI, Senin (29/7).

Pelaksanaan kegiatan Ramadhan di Masjid BI ini bukan hanya dikhususkan bagi karyawan BI, tapi juga terbuka untuk seluruh masyarakat luar.

Panitia Iktikaf Masjid BI, Sunarto Tasim mengungkapkan pelaksanaan iktikaf di Masjid BI setiap tahun diramaikan sebagian besar masyarakat luar. Ruangan masjid yang luas dan nyaman membuat animo masyarakat luar ikut beriktikaf di Masjid BI terus meningkat setiap tahunnya. 

"Puncaknya di tanggal 27 ramadhan, jumlah mereka yang beriktikaf di Masjid BI ini bisa mencapai 2.000 hingga 3.000 jamaah," ujar Sunarto. 

Berita Lainnya

Play Podcast X