Sabtu 27 Jul 2013 20:56 WIB

Hamilton Raih Pole Position di Hungaria

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mansyur Faqih
Lewis Hamilton
Foto: Reuters/Vivek Prakash
Lewis Hamilton

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Lewis Hamilton membuat kejutan dengan berhasil meraih pole position dalam kualifikasi F1 di lintasan Hungaroring, Hungaria, Sabtu (27/7). Pebalap Mercedes tersebut menempuh waktu selama 1 menit 19,388 detik, diikuti oleh Sebastian Vettel dengan selisih waktu 0,038 detik. Sedangkan, pebalap Lotus Romain Grosjean akan start di posisi ketiga dengan selisih waktu 0,207 detik.

Hamilton mengaku sempat merasa kesulitan dengan temperatur di sekitar lintasan yang cukup panas. Dia bahkan tidak menyangka bisa mengambil posisi awal dalam kualifikasi. Dengan tipikal lintasan yang sulit, pebalap Mercedes tersebut mengaku sangat diuntungkan dengan pole position yang diraihnya. 

Bahkan, sebelum memulai kualifikasi, Hamilton yang merupakan pebalap aktif yang paling sering menang di Hungaria tersebut menjagokan Vettel untuk meraih pole position. "Kami sudah melakukan yang terbaik dan semoga besok saat balapan saya bisa tetap mempertahankan posisi ini," kata Hamilton kepada Star Sport.

Sementara itu, Vettel mengaku sempat kehilangan kecepatan sehingga dengan mudah dibalap oleh Hamilton. Dia sudah cukup puas menempati grid kedua dan akan berusaha untuk mempertahankan kecepatan agar bisa meraih gelar di Hungaria. Dia juga menyesalkan rekan satu timnya Mark Webber yang mendekam di zona degradasi pada Q2. 

Pebalap Red Bull tersebut juga mengeluhkan soal suhu udara yang cukup panas di lintasan. Namun dia optimistis bisa melewati balapan karena selama kualifikasi mobilnya tidak mengalami suatu gangguan apa pun. 

Sementara itu, Romain Grosjean merasa beruntung bisa masuk ke urutan ketiga dan memiliki keyakinan bahwa balapan esok akan menjadi persaingan yang cukup ketat. "Besok akan menjadi balapan yang panjang," kata pebalap Lotus tersebut.

Paul Di Resta kembali gagal menembus kualifikasi pembuka di lintasan Hungaroring. Tim Force India mengungkapkan suhu tinggi di lintasan menyebabkan adanya masalah ban, sehingga Di Resta tidak bisa meneruskan kualifikasi di detik terakhir. 

Berikut hasil kualifikasi di lintasan Hungaroring, Hungaria:  

1. Lewis Hamilton 1m 19.388s

2. Sebastian Vettel 1m 19.426s

3. Romain Grosjean 1m 19.595s

4. Nico Rosberg 1m 19.720s

5. Fernando Alonso 1m 19.791s

6. Kimi Raikkonen 1m 19.851s

7. Felipe Massa 1m 19.929s

8. Daniel Ricciardo 1m 20.641s

9. Sergio Perez 1m 22.398s

10. Mark Webber no time Q3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement