Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Ingin Bahagia? Makan Ikan Saja

Sabtu 27 Jul 2013 05:58 WIB

Red: Endah Hapsari

Perempuan makan ikan/ilustrasi

Perempuan makan ikan/ilustrasi

Foto: positivetv.tv

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mau bahagia? Gampang. Banyaklah makan ikan. Adalah kandungan omega 3 dalam ikan yang akan membantu mengangkat mood bahagia itu. Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan mereka yang mengomsumsi lebih banyak ikan cenderung lebih rendah tingkat depresinya.

Penelitian lain yang dikutip situs seafoodservices.com.au mengatakan penduduk Jepang memiliki prevalensi depresi lebih rendah (0,12 persen) dibanding penduduk Selandia Baru. Rata-rata konsumsi ikan di Jepang adalah 67 kilogram per orang per tahun, sedangkan di Selandia baru, rata-rata konsumsi ikannya adalah 18 kilogram per orang per tahun (5,8 persen).

Sumber kebahagiaan itu datang dari kandungan omega 3 dan omega 6 yang ada dalam ikan. Selama ini gejala klinis pasien penderita depresi adalah rendahnya kadar omega 3 dan 6 dalam tubuh. Karena itu omega 3 dalam dosis tinggi mungkin digunakan untuk mengobati pasien penderita depresi.

Ikan yang paling banyak mengandung omega 3 adalah ikan yang masuk kategori berminyak, seperti salmon, sarden, mackerel, serta tuna. Namun, kebanyakan ikan lainnya juga banyak mengandung vitamin B6 dan B12 yang terlibat dalam produksi serotonin alias zat yang membantu timbulnya perasaan tenang. Makanan yang mengandung omega 3 bukan hanya membuat Anda merasa lebih bahagia, omega 3 juga baik bagi jantung dan otak.

Sumber omega 3 paling baik diambil dari ikan laut, bukan ikan budidaya air tawar. Itu karena omega 3 masuk ke dalam ikan lewat algae atau ganggang laut. Ikan budidaya umumnya mendapatkan makan butiran-butiran khusus yang biasanya tidak mengandung omega 3.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA