Kiat Kendalikan Amarah Saat Puasa

Red: Endah Hapsari

 Sabtu 27 Jul 2013 09:58 WIB

Marah (ilustrasi) Foto: SPLASHLIFE.COM Marah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menahan emosi tentu bukan hal mudah. Apalagi, godaan datang silih berganti menghampiri kita. Bagaimana caranya mengendalikan emosi, simak tips dari Bu Elly Risman, pakar parenting, berikut ini.

* Agar emosi dan hawa nafsu bisa terkendali, coba pegang tiga jarimu. Apa artinya? Satu jari menunjukkan kehidupan hari ini, jari yang kedua menunjukkan kehidupan nanti malam, dan jari yang ketiga menunjukkan kehidupan besok pagi. ''Kita itu harus menyadari bahwa hidup kita sangat terbatas. Bisa saja, kita hidup hingga hari ini,  nanti malam atau besok pagi kan belum tentu,'' kata Bu Elly. Dengan menyadari bahwa kehidupan kita bisa diambil sewaktu-waktu oleh Allah SWT, maka kita menjadi sadar untuk tidak mendekati godaan hawa nafsu yang sifatnya negatif.

* Lakukanlah puasa secara ikhlas. Puasa adalah ibadah yang sifatnya rahasia, orang lain tak tahu apakah kamu berpuasa atau tidak. Jadi, yang tahu hanya kita dan Allah SWT. Dengan hati ikhlas, kita pasti akan terhindar dari dorongan hawa nafsu yang menyesatkan.

* Ingatlah selalu bahwa Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang kita kerjakan. Jadi, selalu berbuat baiklah dan tinggalkan perbuatan yang tidak bermanfaat. Dengan begitu, puasa kita akan semakin mantap.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X