Jumat 26 Jul 2013 08:15 WIB
Sambut Lebaran

Sambut Lebaran, Telkomsel Tambah 70 BTS Baru

Two technicians install Base Transceiver Station (BTS) belongs to Telkomsel in Jakarta. Indonesian operators' signal is often too weak in border area, as happens in Pegudang village in Riau. (illustration)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Two technicians install Base Transceiver Station (BTS) belongs to Telkomsel in Jakarta. Indonesian operators' signal is often too weak in border area, as happens in Pegudang village in Riau. (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR — Untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pada musim mudik Lebaran di wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Nusra), Telkomsel telah meningkatkan kemampuan jaringan, khususnya di pusat-pusat keramaian. Salah satu langkahnya, kata Executive VP Telkomsel Area Jawa Bali Yetty Kusumawati, yakni dengan melakukan penambahan 70 base transceiver station (BTS) baru. “Ke-70 BTS baru tersebut kami sebar masing-masing 25 BTS di Bali, 10 di NTB, dan 35 di NTT, yakni lebih dari 50 persennya merupakan BTS 3G atau Node B,” kata Yetty memaparkan.

Kepada wartawan di Denpasar, Bali, menjelang kegiatan buka puasa bersama, Kamis (25/7), Yetty mengatakan, penggelaran 70 BTS baru itu merupakan salah satu upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan untuk memberikan layanan terbaik. Karena pada hari H Lebaran, di titik-titik keramaian di Bali, NTB, dan NTT diperkirakan terjadi peningkatan trafik berkisar antara 30 hingga 50 persen.

Penambahan kapasitas jaringan akan difokuskan di pelabuhan, bandara, dan lokasi wisata. Di Bali konsentrasi penambahan kapasitas jaringan dilakukan di Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, serta di Bandara Ngurah Rai. Untuk wilayah NTB, dipusatkan di Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok, sedangkan di NTT di Pelabuhan Tenau, Pelabuhan Labuan Bajo, serta Bandara El Tari. Kini, Telkomsel telah menggelar 3.400 BTS di Bali Nusra, termasuk 1.000 Node B.

Yetty menjelaskan, karakteristik pengguna Telkomsel di Bali sangat berbeda dengan di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dipadati pemudik. Sedangkan, di Bali pengguna Telkomsel selama Lebaran adalah para wisatawan lokal yang memanfaatkan waktu liburan panjang saat Lebaran. “Ini juga menjadi perhatian kami. Jadi, semua pengguna Telkomsel harus nyaman ketika berkomunikasi,” katanya.

Selain penambahan kapasitas jaringan, Telkomsel juga menyiapkan kapasitas SMS sebesar 10.000 SMS per detik. Selain itu, kapasitas Visitor Location Register (VLR) untuk melayani hingga lebih dari 10 juta pelanggan dan kapasitas bandwidth untuk layanan broadband sebesar 10 Gbps. “Kami sediakan di 28 Posko Siaga dan sekitar 800 Outlet Siaga yang digelar mulai H-7 hingga H+7 di bandara, pelabuhan, terminal, dan pusat keramaian se-Bali Nusra,” ujar Yetty.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel menggelar promo Paket Terus Hepi saat Ramadhan (THR), Kartu As Ramadhan yang memungkinkan pelanggan puas internetan seharian hanya dengan harga Rp 1.000.

Paket THR Kartu As juga dilengkapi Paket Sahur mulai pukul 00:00 hingga pukul 05:59 dan Paket Ngabuburit mulai pukul 15:00 hingga pukul 19:59 untuk menelepon, SMS, dan internetan pada Ramadhan. Untuk aktivasi paket-paket tersebut, dapat dilakukan dengan menghubungi *100#. n ahmad baraas ed: chairul akhmad

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement