Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Jawa Barat Kini Miliki Lapas Khusus Anak

Kamis 25 Jul 2013 14:34 WIB

Red: Dewi Mardiani

Tahanan anak dibawah umur.  (Ilustrasi)

Tahanan anak dibawah umur. (Ilustrasi)

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Provinsi Jawa Barat (Jabar) akhirnya memiliki Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Klas 3 Bandung. Lapas khusus anak ini merupakan salah satu dari tujuh lapas/rumah tahanan (rutan) yang baru di bangun di wilayah hukum Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat I Wayan Dusak di Bandung, Kamis (25/7), menuturkan lapas ini nantinya akan diberi nama Lembaga Penitipan Khusus Anak dan Lembaga Penitipan Anak Sementara (LPKA dan Elpas). "Jadi Elpas itu sendiri fungsinya sama dengan rutan yakni sebagai tahanan sementara. Lapas anak ini baru dibangun dalam satu blok dengan kapasitas 50 orang, saat ini isinya baru enak anak," kata dia.

Dikatakan dia, saat ini ada di Provinsi Jawa Barat ada sekitar 192 tahanan anak. Pihaknya berharap dengan adanya lapas anak dan enam lapas serta rumah tahanan lainnya, maka bisa mengatasi lonjakan penghuni lapas yang ada yang rata-rata sudah mengalami kelebihan penghuni. "Lapas dan rutan baru tersebut akan dioptimalkan baik standarisasi hunian maupun standar pengamanan," kata dia.

Dikatakannya untuk saat ini jumlah penghuni dengan petugas lapas adalah satu berbanding 72 orang. "Ini akan kami minimalkan menjadi satu berbanding 50 orang. Sehingga lapas-lapas yang baru itu nanti akan proporsional dengan jumlah penghuni, tidak melebihi kapasitas," kata dia.

Berikut adalah tujuh lapas/rutan baru di Jawa Barat pertama Lapas Klas 3 Warung Kiara Sukabumi, kedua Lapas Klas 3 Gunung Sindur Bogor, ketiga Lapas Cikarang Bekasi. Lalu keempat Lapas Klas 3 Banjar, Kelima Lapas Anak Klas 3 Bandung, Keenam adalah Rutan Garut, dan terkahir adalah Rutan Gunung Sindur Bogor.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA