Rabu 24 Jul 2013 12:33 WIB

Belanja Cepat dan Hemat, Ini Caranya

Belanja cepat dan hemat di supermarket/ilustrasi
Foto: http://everydayfoodstorage.net
Belanja cepat dan hemat di supermarket/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perencana keuangan, Mike Rini, memberikan beberapa tips agar Anda bisa berbelanja secara cepat, tepat, sekaligus hemat.

* Sebelum berangkat, siapkan perencanaan, yaitu berapa anggaran yang disediakan.

* Dari anggaran itu, tentukan berapa anggaran belanja untuk kebutuhan sendiri, suami, anak, adik, kakak, dan teman-teman.

* Jika anggaran sudah dibagi-bagi, baru tentukan jenis barang yang akan dibeli sekaligus ancang-ancang harganya. Misalkan, anggaran baju Rp 150 ribu per potong, sepatu Rp 150 ribu, dan tas Rp 200 ribu. Tapi ingat, sebelum menentukan jenis barang-barang itu, periksa dulu barang yang sudah Anda miliki di rumah. Tidak seru bukan jika memiliki barang yang sama?

* Jadikan perencanaan anggaran dan jenis barang tersebut sebagai panduan saat berbelanja. Dengan begitu, Anda tak sampai tergelincir dengan membeli barang yang tidak perlu. ''Berbelanja harus disiplin sesuai panduan, jangan melirik barang lain yang tidak tercatat di panduan,'' saran Mike, perencana keuangan dari Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan.

* Sebelum berangkat, pastikan perut dalam keadaan terisi. Belanja dalam keadaan lapar dan stamina tidak oke, akan mengganggu konsentrasi Anda dalam berbelanja. Bisa-bisa, Anda salah memilih barang.

* Perhatikan pula kondisi psikis. Jangan berbelanja ketika Anda sedang sedih, sakit hati atau bad mood. Belanja itu harus gembira. Kalau suasana hati sedang sedih, lalu menjadikan belanja sebagai obat, maka barang yang dibeli tidak akan memuaskan.

* Jangan segan untuk mencari toko yang memasang harga miring. Rasakan saja, pasti ada kepuasan tersendiri ketika mendapat barang yang berkualitas bagus dengan harga lebih murah.

 

Jika Anda menaati panduan di atas, Mike menjamin, Anda akan mendapatkan barang sesuai keinginan dengan harga yang pantas, walau waktu berbelanja Anda tidak banyak. Tetapi, bagaimana jika Anda melampaui anggaran belanja yang telah ditetapkan? ''Mau tak mau, budget untuk keperluan lain seperti makan di luar atau membeli buku, harus dikurangi atau bahkan ditunda dulu.'' Sayang sekali ya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement