Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

 

KPI Tegur Enam Program Ramadhan

Selasa 23 Jul 2013 19:12 WIB

Red: Taufik Rachman

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Foto: kpi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan surat teguran kepada enam program Ramadhan karena menampilkan tayangan yang tidak sejalan dengan semangat Ramadhan.

"Enam program tersebut yakni Sahurnya Pesbukers (ANTV), Hafidz Indonesia (RCTI), Sahurnya OVJ (Trans 7), Yuk Kita Sahur (Trans TV), Karnaval Ramadhan (Trans TV), dan Mengetuk Pintu Hati (SCTV)," ujar Komisioner KPI Idy Muzayyad di Jakarta, Selasa.

Menurut Idy, pelanggaran yang dilakukan menyangkut tayangan komedi yang menampilkan guyonan tidak pantas seperti pelecehan dalam bentuk fisik, pekerjaan dan gender. Juga melanggar norma kesopanan dan UU Perlindungan Anak.

"Secara umum belum ada pergeseran ke arah yang lebih baik. Program-program masih terdapat aura tayangan sebelum Ramadhan," katanya. KPI meminta agar stasiun televisi berkomitmen untuk mematuhi peraturan penyiaran yang berlaku.

Disinggung mengenai sanksi, Idy mengatakan sanksi yang diberikan masih dalam bentuk teguran tertulis. Namun jika pelanggaran dalam bentuk berat, bisa dilakukan pengurangan durasi hingga penghentian tayangan sementara.

Selain KPI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat juga mencatat tiga stasiun televisi karena menyajikan tayangan Ramadhan yang tidak sejalan dengan semangat Ramadhan yakni program di Trans 7, Trans TV dan ANTV.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES