Sabtu 20 Jul 2013 05:57 WIB

Kiat Memilih Mutiara dari Lombok

Kalung mutiara
Foto: pearlsonly.com
Kalung mutiara

REPUBLIKA.CO.ID, Lombok dan mutiara memang tidak bisa dipisahkan. Selain gerabah khas Banyu Mulek, mutiara menjadi cinderamata khas pulau ini. Hampir di semua sudut obyek wisata di kota ini, selalu dijumpai pedagang asongan yang menjajakan berbagai perhiasan bertahtakan mutiara. Mulai dari kalung, cincin, anting, liontin, gelang hingga bros bisa diperoleh di sini.

Rasanya, menyesal jika pulang dari Lombok tidak membawa sebutir mutiara. Namun, kalau ingin membelinya harus pandai memilih dan menawar harga. Sebab banyak juga perhiasan yang ditawarkan itu adalah mutiara palsu. Kalau kita melihat secara kasat mata, memang akan sangat sulit membedakan mana mutiara palsu dan mana yang benar-benar asli.

Agar lebih yakin, kita disarankan untuk membelinya di art shop, yang memang khusus menjual beragam cinderamata khas Lombok. Karena semua barang yang dibeli di art shop bisa dipertanggungjawabkan keasliannya oleh penjual.

Di Lombok ada beberapa jenis mutiara, yaitu mutiara laut, air payau, alami, dan mutiara buatan. Harga sebutir mutiara laut, bisa mencapai Rp 2 juta - Rp 2,5 juta. Namun untuk mutiara air payau jauh lebih murah, yakni hanya puluhan ribu rupiah saja. ''Membeli mutiara di pengasong harganya memang bisa terpaut sampai 50 persen, tapi supaya tidak kecewa, kita harus mengetahui jenis mutiara yang ada di sini,''jelas pemandu wisata, Nyoman Nuarta.

Mutiara di pulau ini bukan hanya berwarna putih, melalui rekayasa budidaya yang dilakukan para ahli dari Jepang, kini menjadi berwarna-warni. Selain mutiara hasil budidaya di laut, payau, dan mutiara alami, ada juga mutiara buatan dari kulit kerang.

Harga mutiara alami paling mahal, kemudian disusul mutiara air laut, lalu air payau, dan yang paling murah adalah yang biasa dijajakan pengasong, yaitu mutiara buatan dari kulit kerang. Tapi jangan salah, ada juga mutiara plastik. Namun demikian, kata Nuarta, bukan berarti mutiara yang dijajakan pengasong seluruhnya tidak bagus. Sebab tidak sedikit pula yang mereka jajakan adalah jenis mutiara yang baik dengan harga miring. Hanya saja, harus pandai-pandai memilih dan menawar harga. ''Jadi sekali lagi, untuk membeli mutiara di sini memang banyak pilihan, kita harus jeli dan pandai menawar harga.''

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement