Kamis 18 Jul 2013 13:35 WIB

ITB Universitas Ketiga di ASEAN yang Berkolaborasi dengan General Electric

Rep: Lingga Permesti/ Red: Heri Ruslan
Kampus ITB
Kampus ITB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- ITB merupakan universitas ketiga di ASEAN yang berkolaborasi dengan General Electric dalam Program Executive University. Program ini sebelumnya diterapkan di National Universiy of Singapore dan Universiti Teknologi PETRONAS Malaysia.

CEO yang juga merangkap President GE, Handry Satriago mengatakan, kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang mumpuni sangat kritis, terutama di bidang teknologi yang masih sangat kurang.

"Kebutuhan terhadap talent sangat kritis. SDM yang ada di perusahaan biasanya  itu-itu saja,"kata dia.

Padahal, menurut Director Human Resources GE Caecilia Adinoto, sumber daya manusia di Indonesia memiliki kualitas yang bagus. Tapi sayangnya jumlahnya sangat kurang. 

Untuk itu, kerja sama dengan universita seperti ITB menjadi gerbong untuk menggodok calon pemimpin masa depan di Indonesia. Mahasiswa yang terpilih di program Executive University ini akan diberi mentoring dari GE leader. "Mereka akan menjalani pelatihan, bisa ke Singapur, Malaysia, dan Indonesia. Sekitar 6 sampai 9 mahasiswa ITB setiap tahunnya akan mendapat program ini,"kata dia. 

Mahasiswa yang dipilih, tidak hanya dilihat dari prestasi akademik saja, tetapi utamanya adalah jiwa kepemimpinan. "Kami akan pilih mahasiswa yang berjiwa kepemimpinan tinggi,"kata dia.

Sementara itu, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia merupakan bagian nilai dan budaya perusahaan di GE. Setiap tahunnya, GE berinvestasi sebesar 1 miliar dolar Amerika untuk pelatihan dan pendidikan bagi karyawan GE di seluruh dunia. 

Pada awal tahun ini, GE telah mengumumkan kerjasama dengan Garuda Indonesia, PLN dan Pertamina untuk mengembangkan GE Learning and Technology Center di Indonesia yang akan berfungsi sebagai pusat pengembangan kepemimpinan dan teknik, serta alih teknologi untuk teknologi terapan dari GE.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement