Rabu 17 Jul 2013 12:43 WIB

Akses Lebih Cepat dengan Super WiFi

Peta lokasi hot spot Super Wifi
Foto: Indosat
Peta lokasi hot spot Super Wifi

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Ketika kuota paket internet smartphone kamu habis, tidak ada pulsa untuk membeli paketnya lagi, dan tidak ada yang menjual voucher isi ulang, apa yang akan kamu lakukan? Bingung? Mati gaya?

Semua itu tidak akan kamu rasakan jika memilih Indosat sebagai providermu. Karena ada layanan Super Wifi dari Indosat untuk para pelanggannya secara gratis.

Indosat Super Wifi memiliki kecepatan akses data hingga 20 Mbps, dan mendukung teknologi autentifikasi melalui kartu SIM (EAP-SIM) yang memungkinkan pengguna tidak perlu mengisi username dan password.  Namun untuk perangkat yang tidak didukung EAP-SIM, tetap melakukan login, dengan username dan password yang didapat dengan mengirimkan pesan “superwifi” ke 363.

Penasaran dengan pernyataan kecepatan koneksi Super Wifi, saya pun mencoba untuk membuktikannya. Lokasi pertama adalah daerah di sekitar taman topi, tepatnya di KFC Taman topi. Lokasi ini saya pilih karena rasa lapar yang melanda setelah berburu buku di Bazar Buku Gramedia Botani Square. Galaxy Mini saya tidak memiliki fitur EPA-SIM sehingga harus login secara manual.

Setelah terhubung, kecepatan akses yang saya rasakan tidak secepat yang diklaim. Tentunya, banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses, seperti kuat sinyal, bandwith tiap lokasi, dan jumlah orang yang mengakses. Hal ini juga ditunjukan oleh hasil analisis aplikasi Fing yang terpasang di smartphone saya. Ada 74 pengguna yang mengakses dan sinyal yang tidak terlalu kuat.

Di Bogor, terdapat 64 titik hotspot Super Wifi yang disediakan oleh Indosat. Salah satunya berada didekat kampus, di Amazy IPB. Kamu juga bisa mencari lokasi lainnya dengan menggunakan aplikasi “Indosat Superwifi”. Aplikasi tersebut memuat data semua lokasi Indosat Super Wifi, dan dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi internet.

Lokasi kedua yang saya coba adalah Amazy IPB. Berbeda dengan lokasi pertama, hanya ada 2 pengguna (termasuk saya) yang mengakses SuperWifi. Sehingga kecepatan akses yang saya rasakan lebih cepat dari lokasi pertama.

Penulis : Adietya Landras Pratama (Mahasiswa IPB)

sumber : IPB
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement