Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Dilarang Boros Belanja Saat Ramadhan, Alasannya?

Selasa 16 Jul 2013 03:33 WIB

Red: Endah Hapsari

Inflasi, ilustrasi

Inflasi, ilustrasi

Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPARIAMAN---Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat menahan diri berbelanja pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri guna mencegah kenaikan inflasi. "Masyarakat tidak dilarang untuk berbelanja, namun diimbau jangan berlebih-lebihan, karena akan memicu terjadinya inflasi," katanya pada kunjungan safari Ramadhan di Masjid Raya Limau Hantu Nagari Balah Aia, Kecamatan Tujuh Koto, Kabupaten Padangpariaman.

Ia mengatakan, berdasarkan data statistik, inflasi tertinggi terjadi pada saat Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Seharusnya, pada Ramadhan kebutuhan sembilan bahan pokok idealnya berkurang dibanding hari biasa karena pada siang hari umat Islam berpuasa, lanjut dia.

Namun, yang terjadi sebaliknya, kebutuhan terhadap sembako malah meningkat kendati masyarakat hanya makan dua kali yaitu pada saat berbuka dan sahur. Ia mengatakan, meningkatnya kebutuhan sembilan bahan pokok tersebut menyebabkan tingginya permintaan dan akhirnya terjadi kenaikan harga yang memicu inflasi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA